Sunday, January 6, 2013

Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh, Perhatikan Tips Berikut Ini! Jakarta - Bagi Anda yang memiliki niat menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda 4 (mobil) dengan jarak tempuhnya lumayan jauh harus berhati-hati. Ada baiknya Anda mengecek kondisi mobil dan memperhatikan tips berikut ini.

Adi Kurniawan, kepala mekanik bengkel Dua Barokah di kawasan Jakarta Barat, mencoba memberikan tips bagi Otolovers semua yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil.

Sebelum berangkat usahakan melakukan tune-up. Minimal 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Saat tune-up periksa oli mesin, oli rem, perseneling dan gardan. Cek kaki-kaki seperti kampas rem, shock breaker dan kondisi ban.

Jangan lupa juga untuk mengecek kelistrikan pada mobil seperti lampu depan, belakang, rem dan lampu kabin. Cek juga kondisi aki mobil dan pastikan air akinya tidak berkurang sedikitpun.

Hal senada juga dibeberkan oleh Ismail, Kepala Mekanik bengkel Hyundai dikawasan Pondok Indah. Sebelum melakukan perjalan jauh ada baiknya untuk mengecek kondisi fisik mobil. Pastikan mobil dalam keadaan prma.

Menurutnya yang paling utama yakni cek sistem kopling. Karena saat melakukan perjalanan jauh apalagi musim libur seperti saat ini sering terjadi macet ditambah kondisi cuca yang kurang baik atau hujan.

Begitu juga untuk sistem pengereman. Pastikan pengereman pada mobil Anda dalam kondisi normal. "Cek apakah remnya saat diijak dalam atau tidak, ketinggian atau tidak. Kalau tidak seperti biasa itu pasti ada kendala," ungkap Ismal saat berbincang dengan detikOto, beberapa waktu lalu.

Hal lainnya yakni periksa cooling system. Pastikan selangnya tetap dalam kondisi baik. Kalau selangnya kembung itu pasti jalan jauh ditambah tekanan tinggi akan jebol. " Periksa selangnya kalau normal kondisinya lentur, tapi kalau keras dan kembung itu sudah tidak normal dan bisa jebol kalau dipakai jalan jarak jauh," paparnya.

Ismail menambahkan, sebenarnya kalau untuk pengemudi yang sering melakukan servis berkala sesuai dengan yang ditentukan pada manual book maka tidak perlu melakukan persiapan khusus tapi jika jarang melakukan servis itu yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalan jauh.

"Kalau sering melakukan servis sesuai kilometer sebenarnya tidak begitu ada masalah atau persiapan khusus. Semuanya akan aman karena sebelum-sebelumnya sudah terkontorol," tandasnya.

Nah Otolovers semua ada baiknya perhatikan tips berikut ini sebelum melakukan liburan dengan jarak jauh menggunakan mobil pribadi. Jangan lupa juga Otolovers untuk tetap melengkapi peralatan lainnya seperti dongkrak, kunci roda, senter, payung dan cadangan air radiator.

0 comments:

Post a Comment