Sunday, January 6, 2013

'Uji Coba Mobil Tucuxi di Jalan Raya Tak Tepat'

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengalami kecelakaan bersama mobil listrik nasional Tucuxi di Plaosan, Magetan, Sabtu (5/1/2013) siang. Beruntung Dahlan selamat dalam kecelakaan tersebut.

Peristiwa yang dialami Dahlan pun sempat menarik perhatian Indonesia Defensive Driving Center (IDDC). Seharusnya mobil konsep listrik nasional Tucuxi jangan diuji di jalan raya.

Sebab mobil yang sudah resmi dipasarkan saja acap kali mendapat masalah, apalagi mobil listrik Tucuxi baru sekedar konsep dimana tingkat kegagalannya masih tinggi.

"Pak Menteri, dia terlalu bangga karena konseptornya orang Indonesia. Tapi apa ini sudah disertifikasi dan resmi diluncurkan ke masyarakat. Belum kan. Merek mobil listrik lainnya sampai sekarang masih melakukan riset development," kata President Director Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) Bintarto Agung kepada detikOto, Minggu (6/1/2013).

Menurutnya, cara menguji performa mobil listrik di jalan raya belum cukup. Dia mengatakan uji coba mobil listrik Tucuxi seharusnya di tempat tertutup sehingga minim kecelakaan. Namun cara yang dilakukan Dahlan dikatakan Agung sangat ekstrem melihat betapa penting keamanan pengendaran dan penumpang ketika mengendarai mobil konsep di jalanan.

"Cara bawanya fine-fine saja. Itu jalannya bagus memang agak menurun, lebar juga. Tapi saya belum bisa ngomong itu kecelakaan teknis. Tapi harusnya sebelum ada sertifikasi jangan di jalankan dulu di jalan raya, kecuali sudah terbukti layak jalan yang dikeluarkan dengan institusi yang berhubungan," imbuhnya.

0 comments:

Post a Comment