Thursday, February 14, 2013

'Cabut Subsidi BBM Agar Kendaraan Berkurang'

Jakarta - Kemacetan di Jakarta salah satunya disebabkan oleh tingginya jumlah kendaraan pribadi di jalanan. Salah satu solusi yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk menekan jumlah kendaraan pribadi adalah dengan cara mencabut subsidi BBM.

"Subsidi BBM penyebab malasnya orang berkendara," ujar Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia Ellen Tangkudung dalam acara Transportation Outlook 2013 di Hotel Grand sahid Jaya, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2013).

BBM yang murah menyebabkan orang lebih memilih kendaraan pribadi daripada menggunakan angkutan publik. Padahal kenyataannya bisa jadi berbeda.

"Mungkin keberadaan subsidi BBM menjadi salah satu penyebab orang-orang masih memilih menggunakan angkuran pribadi karena mungkin masih merasa lebih murah. Padahal berkereta bisa jauh lebih murah," jelasnya.

Pencabutan subsidi BBM akan membuat ongkos penggunaan kendaraan pribadi naik. Alhasil orang-orang akan 'dipaksa' beralih ke angkutan umum yang lebih murah dan efisien.

"Sehingga hal ini akan menarik orang-orang beralih dari kendaraan pribadi untuk menggunakan kendaraan publik," kata Ellen.

0 comments:

Post a Comment