Friday, February 8, 2013

Etios Datang, Yaris Terganggu

Etios Datang, Yaris Terganggu Jakarta - Bulan depan, PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana meluncurkan Toyota Etios. Namun kehadiran kendaraan 1.200 cc satu ini bakal menggangu pasar hatchback Yaris di Indonesia.

"Kalau ada Etios, pasar Yaris yah pasti ada pergeseran, kayak kompetitor, tapi pergeserannya tidak tahu berapa jumlahnya, tidak bisa ditebak sekarang," ucap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto di sela-sela media gathering di Jakarta, Jumat (8/2/2012).

Pasalnya menurut Joko, Toyota Etios salah satu mobil yang cukup baik lewat kehandalan fiturnya dan mesin 1.200 cc-nya. Dia menjelaskan harga kendaraan tersebut bakal sangat kompetitif.

"Kita harus kompetitif," pungkas Joko.

Belum lagi lanjut Presdir TAM Johnny Darmawan, Toyota belum akan mempermak Yaris tahun ini. Toyota masih mengandalkan wajah Yaris lawas.

"Yaris belum tahun ini," tutur Johnny.

Hatchback Yaris terjual sebanyak 2.500 unit per bulan. Pada 2012, Toyota Yaris sempat memimpin dengan penjualan sebanyak 27.809 unit.

Sementara Toyota menurut kabar baru akan meluncurkan Etios di Indonesia pada Maret 2013 mendatang. Namun, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebelumnya sudah mengaku kalau mereka telah berbenah untuk menyambut anak barunya tersebut.

Toyota akan melokalisasi model tersebut. Dengan begitu pesaing Honda Brio dan Nissan March ini akan menyusul Toyota Fortune dan Innova yang sudah lebih dulu dilokasisasi dan diperkaya kandungan lokal dalam negeri.

Nantinya, lokalisasi Etios secara bertahap. Untuk sementara TAM mendatangkan Toyota Etios dari India dalam bentuk CBU. Setelah itu Etios terlebih dahulu CKD dan hingga ke tahap produksi dengan syarat kandungan lokal.

0 comments:

Post a Comment