Friday, February 8, 2013

Jendela Mobil Beling akan Diganti dengan Plastik?

Jendela Mobil Beling akan Diganti dengan Plastik? Detroit - Saat ini semua jendela di depan, samping dan belakang mobil menggunakan bahan dari kaca yang dianggap memberikan pandangan yang lebih jernih. Namun di masa depan, kaca kemungkinan akan tergantikan perannya.

Dikutip dari motorauthority, Jumat (8/2/2013) bahan yang kemungkinan akan menggantikan peran kaca adalah plastik polikarbonat yang memiliki bobot yang lebih ringan tapi jauh lebih tahan guncangan dibanding dengan jendela beling.

Bobot ini memang menjadi salah satu pertimbangan penting. Sebab di era dimana efisiensi bahan bakar menjadi fokus perhatian, berat kendaraan sangatlah berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Sebenarnya bahan polikarbonat ini sudah digunakan untuk jendela samping mobil-mobil balap. Namun untuk mobil produksi massal, bahan ini masih kontroversional.

Sebab, bahan ini terlalu kuat untuk ditempatkan di jendela depan atau jendela samping pengemudi. Hal itu menurut banyak pihak malah berbahaya dan membuat pengendara kesulitan untuk memecahkannya dalam keadaan darurat untuk keluar dari mobil seperti saat kecelakaan, mobil terbakar atau tenggelam, misalnya.

Namun, hal itu ternyata tidak menghentikan para produsen mobil untuk melakukan penelitian terhadap bahan jenih ini. Fiat diberitakan akan segera menggunakannya di Fiat 500L model tahun 2014 di beberapa bagian.

Ford juga akan menggunakan jendela belakang dari bahan sejenis di generasi mendatang dari Ford Transit Connect. Sebelumnya, beberapa bagian jendela Porsche 911 GT3 dan Audi R8 GT juga sudah menggunakannya.

0 comments:

Post a Comment