Monday, March 25, 2013

Beda Spek Ford EcoSport Indonesia dan Brasil

Beda Spek Ford EcoSport Indonesia dan Brasil Bangkok - Tahun depan, pasar mobil Indonesia siap menerima SUV terbaru Ford EcoSport yang didatangkan dari salah satu pabrik Ford di Rayong, Thailand. Model terbaru Ford EcoSport kali ini dikembangkan oleh insinyur Ford Global di Camacari, Brasil.

Nantinya ada perbedaan spesifikasi antara Ford EcoSport yang dijual untuk pasar mobil Brasil dan ASEAN termasuk Indonesia. Namun perbedaan tersebut dipastikan tidak terlalu besar.

"Ada perbedaan, tergantung di mana EcoSport dijual," kata Managing Director PT FMI Bagus Susanto kepada detikOto di sela-sela Bangkok Motor Show 2013 di Muang Thong Thani Challenger Hall, Selasa (26/3/2013).

"Tapi tidak akan jauh. Saya belum bisa jelaskan, karena memang saya sendiri belum tahu detilnya," kata Bagus.

Bagus menambahkan fitur safety pada EcoSport tidak akan dikurangi oleh Ford. Soalnya EcoSport ini adalah produk global yang harus ditopang oleh banyak fitur keselamatan. Seperti dual front airbag dan side curtain airbag. Fitur-fitur yang tersemat pada EcoSport untuk Brasil juga akan tersedia pada EcoSport untuk konsumen Ford di ASEAN.



EcoSport Brasil



EcoSport Thailand

Terintergrasinya fitur-fitur tersebut seperti yang dijelaskan Bagus salah satu bentuk kepedulian Ford pada konsumennya di Indonesia. Memang lanjut bagus, harga SUV compact itu akan terdongkrak naik. Namun dia mengatakan pemikiran tersebut tidak masalah dari pada mengorbankan keselamtan konsumen.

Ford, seperti dikatakan Bagus kalau untuk urusan 'safety', Ford secara global tidak akan acuh demi kepentingan konsumennya.

"Hal safety yang utama. Kita utamakan seperti dual front airbag dan side curtain airbag, dan yang lain-lainnya tinggal penambahan atau pengurangan saja sesuai keinginan konsumen," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa untuk mendukung penggunaan safety pada EcoSport tentunya harus disertakan edukasi. Seperti pada sistem ABS. Banyak konsumen Ford yang tidak mengerti kinerja sistem keselamatan tersebut. "Harus banyak edukasi, soalnya ini masalah penting," ungkap Bagus.

Ford EcoSport ditopang mesin 1.500 cc tenaga 108 Ps dan torsi puncak 138 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis Ford PowerShift enam percepatan dan transmisi manual lima percepatan. Mesin ini menyajikan teknologi Twin independet variable camshaft (Ti-VCT). Adapun EcoSport 4X2 yang akan masuk pasar mobil Tanah Air.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment