Monday, March 25, 2013

Mazda6 Bisa Mengerem Otomatis

Mazda6 Bisa Mengerem Otomatis Denpasar - Produsen mobil Mazda siap menghentak Indonesia dengan memperkenalkan sedan mutahir mereka, All-New Mazda6 ke Indonesia. Mobil ini ternyata memiliki fitur yang dapat mengerem otomatis untuk mencegah tabrakan.

Fitur itu diberi nama Smart City Brake Support (SCBS) System. Product Planner PT Mazda Motor Indonesia, Bonar Pakpahan menjelaskan kalau fitur ini disematkan untuk membuat para pengendara menjadi lebih aman.

"Karena rem bekerja secara otomatis untuk menghindari atau mengurangi benturan dengan mobil di depan di kecepatan rendah," katanya di sela-sela test drive Mazda6 di Denpasar, Bali.

Fitur ini diciptakan untuk menghindari dan atau mengurangi benturan dengan obyek kendaraan roda empat di depan mobil. "Bekerja di kecepatan 4-30 km/jam," jelasnya.

detikOto pun sempat mengetes kebenaran penjelasan tersebut. Mazda6 yang merupakan sedan pertama yang menerapkan teknologi SKYACTIV diarahkan ke sebuah properti dengan kecepatan sekitar 20 km/jam.

Mobil itu terus berjalan dan sengaja tidak direm secara manual. Dan hanya sekitar 40-50 cm dari mobil, rem tiba-tiba bekerja secara otomatis dan menghentikan mobil yang hendak menabrak.

"Tentu ini menambah rasa aman," kata Bonar.

Generasi terbaru Mazda6 sendiri menurut rencana resmi diluncurkan di Indonesia dengan mesin yang dirancang untuk kinerja maksimum yakni SKYACTIV-G 2.5L, 4-silinder Inline, DOHC, 16-katup.

Mesin yang menggunakan Direct Injection (DI) Technology tersebut diklaim mampu menghasilkan output hingga 187 PS di 5.700 rpm dengan torsi maksimal torsi di angka 250 Nm pada 3,250 rpm.

Mesin itu lalu disalurkan ke roda depan melalui transmisi 6-speed SKYACTIV-DRIVE dengan Adaptive Shift Aktif dan PaddleShift agar para pengendaranya dapat merasakan sensasi berkendara yang berbeda dengan sedan sekelasnya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment