Tuesday, March 26, 2013

Cita-cita Bos Besar Ford

Cita-cita Bos Besar Ford Bangkok - Setiap bos besar pabrikan pasti memiliki cita-cita atau impian yang ingin diwujudkan di mobil buatan mereka. Presiden & CEO Ford Motor Company, Alan Mulally juga memiliki impian yang serupa.

Di sela-sela kunjungannya di Bangkok Motor Show 2013 yang berlangsung di Muang Thong Thani Challenger Hall, Bangkok, Thailand, Selasa (26/3/2013), Mulally rupanya menginginkan semua mobil Ford menggunakan mesin EcoBoost yang ramah lingkungan.

Seperti diketahui mesin baru 1.000 cc yang menggunakan teknologi turbocharger yang dikembangkan Ford tersebut memiliki poin plus. Dengan sokongan turbo mesin bisa lebih berperforma sementara di sisi lain tidak mengorbankan efisiensi bahan bakar minyak.

"EcoBoost adalah mesin yang sangat popular. Performa luar biasa tapi tingkat efisiensi BBM-nya tinggi. Kami akan gunakan EcoBoost pada setiap mobil Fiesta dan mobil lainnya. Dengan mesin tersebut, menghasilkan impresi berkendara namun tetap hemat BBM," ucapnya.

Namun sayangnya, untuk saat ini karakter mesin tersebut lebih maksimal bekerja pada bahan bakar yang berkualitas serta membutuhkan kualitas udara yang bersih seperti negara dengan kondisi udara yang sejuk.

Kendati demikian, Alan tidak menutup kemungkinan akan terjadi pembaruan pada mesin tersebut sehingga nantinya bisa digunakan di setiap kondisi udara.

Setidaknya Ford mengacu pada konsorsium yang mengatakan pada 2025 mesin-mesin mobil di dunia harus hemat dalam hal konsumsi bahan bakar minyak.

Dalam kesempatan yang sama, Ford diakuinya juga bisa mengembangkan teknologi EcoBoost pada mesin di atas 1.000 cc. Tapi dengan rincian kapasitas mesin yang tetap hemat BBM.

Sementara itu Vehicle Line Director untuk segmen B Ford Asia Pasifik, Graham Pearson mengatakan mesin EcoBoost adalah mesin masa depan yang akan mendunia. Spesifikasinya diklaim sungguh luar biasa dengan konsumsi BBM yang irit.

Sayang baik Alan dan Graham belum bisa memastikan kapan seluruh mobil-mobil Ford tersedia dengan mesin EcoBoost. Namun setidaknya indikasi mobil-mobil Ford tersemat mesin EcoBoost sudah jelas terungkap.

"Mesin ini bisa mencapai titik efisiensi yang sangat irit. Tapi kami tidak bisa mengumumkan hasil konsumsi BBM-nya. Yang pasti mesin ini sungguh luar biasa," pungkas Graham.

"Dan waktunya saya belum tahu," tutup Graham ketika ditanya kapan seluruh model Ford tersemat mesin EcoBoost.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment