Tuesday, March 26, 2013

'Jangan Bohongi Konsumen Soal Irit BBM'

Bangkok - Selama ini klaim produsen soal konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dinilai membingungkan masyarakat. Bahkan klaim yang dilakukan produsen mobil terhadap konsumsi BBM produknya dianggap sebagai hal yang sangat mengada-ngada dan terkesan memaksa.

"Konsumsi BBM itu berbeda-beda sesuai kondisi jalan dan cara mengemudi. Banyak konsumen yang kecewa karena klaim produsen tidak sesuai keinginan konsumen. Jadi itu tidak perlu," kata Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI) Bagus Susanto kepada media di sela-sela Bangkok Motor Show 2013 di Muang Thong Thani Challenger Hall, Selasa (26/3/2013).

Ford sendiri menurut Bagus tidak pernah mengklaim konsumsi bahan bakar minyak kendaraan. Kalaupun ada pengetasan secara bersama-sama, itupun hasilnya tidak pernah Ford jadikan acuan hingga menjadi alat promosi ke masyarakat.

Bagus menjelaskan langkah produsen itu sendiri dengan mempromosikan hasil konsumsi BBM bagi kendaraannya adalah hal pembodohan yang pernah terjadi.

Dia menjelaskan, keterbatasan konsumen Indonesia untuk mendapatkan hasil efisien terbaik dari sebuah kendaraan masih terbatas. Pola berkendara serta kondisi medan yang dilalui dipastikan akan menghasilkan konsumsi BBM yang berbeda pula.

Menurut Bagus, dalam setiap promosinya, Ford Motor Indonesia tidak pernah memberikan informasi soal konsumsi BBM mobil.

Karena itu, Bagus menjelaskan cara tersebut sangat tidak akan efektif bagi sebuah perusahaan mobil untuk menggaet konsumen lebih banyak. Efeknya akan sangat menyebar dan konsumen-lah yang bakal merasa dirugikan.

Dalam kasus tersebut, Ford seperti dikatakan Bagus lebih menyerahkan sepenuhnya pada konsumen. "Kita serahkan semuanya ke konsumen," tutupnya.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment