Monday, April 8, 2013

Keselamatan Orang Tua Saat Berkendara Juga Harus Diperhatikan

Keselamatan Orang Tua Saat Berkendara Juga Harus Diperhatikan Washington - Produsen mobil sering kali hanya mempertimbangkan keselamatan pengendara dan penumpang dewasa, namun terkadang jarang memikirkan pengendara atau penumpang yang sudah berusia tua.

Karena itulah Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) kini tengah mempertimbangkan untuk menyusun regulasi agar para produsen mobil juga mempertimbangkan hal tersebut.

Hal ini tentu sebuah kemajuan, sebab selama ini produsen hanya mempertimbangkan penghuni kabin dewasa dan anak-anak semata.

Selain mempertimbangkan para orang tua, regulator di Amerika juga tengah fokus untuk mempertimbangkan perhitungan rating tingkat keamanan sebuah mobil yang dites. Faktor fitur 'peringatan kecelakaan' menjadi perhatian utama.

Dalam beberapa tahun terakhir, mobil yang diproduksi memang semakin karena sudah banyak yang memiliki fitur yang memperingatkan pengemudi bila kondisi berbahaya dan dalam beberapa fitur, teknologi di mobil akan campur tangan untuk mencegah kecelakaan terjadi. Namun, fitur ini belum dimasukkan ke dalam sistem penilaian NHTSA sebelumnya.

Namun, juru bicara Alliance of Automobile Manufacturers yang mewakili 12 merek mobil termasuk Ford, GM dan Toyota mengatakan senang dengan hal itu, namun mereka ingin melihat dahulu perkembangan wacana ini sebelum berkomentar lebih jauh.


(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment