Tuesday, April 2, 2013

Thailand Salip Jepang Soal Ekspor Komponen & Kendaraan ke RI

Thailand Salip Jepang Soal Ekspor Komponen & Kendaraan ke RI Jakarta - Secara perlahan, Negeri Gajah Putih Thailand mulai menyalip negara-negara pemasok komponen dan kendaraan ke Indonesia. Kini pemasok tersebar komponen dan kendaraan ke Indonesia adalah Thailand.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2013, yang dikutip detikFinance Selasa (2/4/2013), ekspor kendaraan dan bagiaannya (komponen) dari Thailand ke Indonesia US$ 314 juta. Angka inipun terus meningkat dibanding bulan sebelumnya yang mencapai US$ 228 juta.

Secara komulatif (Januari-Februari 2013) ekspor kendaraan dan komponen terjadi senilai US$ 542 juta. Sementara untuk kelompok yang sama, Jepang berada di bawah Thailand dengan nilai impor US$ 252 juta, kemudian China menyusul dengan ekspor senilai US$ 43 juta.

Selain itu, ada Korea Selatan dengan ekspor US$ 22,9 juta, Singapura US$ 39,1 juta, Malaysia US$ 16,8, Inggris US$ 3,31 juta, Jerman US$ 17,2 juta dan India US$18,08 juta.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyebutkan, masuknya Thailand dalam urutan 3 negara importir teratas karena kendaraan bermotor dan bagiannya. "Thailand ini banyak juga yang diimpor ke Indonesia seperti kendaraan bermotor dan barang hortikultura," ungkap Suryamin.

(hen/syu)

0 comments:

Post a Comment