Friday, May 24, 2013

Dilupakan Pemerintah, Pembuat Mobil Nasional 'Menjerit'

Dilupakan Pemerintah, Pembuat Mobil Nasional Jakarta - Pengembangan mobil nasional (mobnas) di Indonesia memang minim mendapatkan perhatian pemerintah. Padahal mobnas di Indonesia itu sudah cukup beragam, sebut saja mobil nasional pengganti bajaj, Tawon, hingga mobil offroad Fin Komodo.

Menurut Presiden Direktur PT Fin Komodo Ibnu Susulo pemerintah sudah melupakan yang namanya mobil nasional. Pemerintah justru lebih condong mengutamakan program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC).

"Sebenarnya kita lebih dulu sebelum LCGC, tapi ketika ada program LCGC kita jadi dinomorsekiankan. Dukungan pemerintah terhadap mobil nasional ini sangat kurang sekali," keluh Ibnu saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2013).

Sebenarnya, lanjut Ibnu potensi mobil nasional di Indonesia itu begitu besar. Pemain yang akan bermain di mobil nasional juga sudah cukup banyak dan tinggal menunggu apalagi.

Namun apa daya jika pemerintah mendukungnya sepenuh hati. Alhasil seperti sekarang ini yang nasibnya terkatung-katung.

"Harusnya jangan LCGC tapi Indonesia harus punya mobil nasional sendiri yang didesain, diproduksi, semua komponennya dikerjakan oleh orang Indonesia," lugasnya.

"Dan juga masalah owner-nya juga harus orang Indonesia asli. Jangan brand-nya misalnya dari Jepang terus owner-nya orang Indonesia, ya bukan seperti itu, semuanya harus nasional dan asli orang Indonesia," tandasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment