Monday, June 17, 2013

2 Jantung untuk Aston Martin

2 Jantung untuk Aston Martin Jakarta - Mobil yang memiliki dua jantung alias mobil hybrid dianggap akan segera menggantikan mobil-mobil konvensional yang hanya dilengkapi mesin bakar saja. Merek mobil sport macam Aston Martin ternyata juga sudah memikirkannya. Sebuah prototipe plug-in hybrid pun mereka perlihatkan.

Teknologi plug-in hybrid ini disematkan pada Aston Martin DB9 oleh Bosch sebagai salah satu bentuk kerja sama mereka dan cara untuk mendemonstrasikan bagaimana sistem hybrid bisa masuk ke berbagai segmen mobil.

Pada prototipe ini, mesin V12 berkapasitas 6.0 liter tetap ada di balik bonnetnya. Namun, mesin itu kini dibantu oleh dua motor listrik di roda depan. Hasilnya, tenaga pun meningkat dari 510 bhp menjadi lebih dari 740 bhp.

Mobil yang dikerjakan oleh 74 insinyur sejak April 2012 ini baru selesai di akhir Mei 2013. Setelah dites, mobil pun mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik saja, lebih cepat 20 persen, namun bisa menjadi irit karena mobil ini bisa berjalan sejauh 25,7 km hanya dengan menggunakan tenaga listrik di baterainya.

Seorang juru bicara Aston Martin kepada Auto Express mengatakan kalau mobil hybrid belum akan dalam jangka waktu dekat mereka produksi selain hidrogen hybrid untuk Rapide S yang akan digunakan untuk balapan Nurburgring 24 jam tahun ini.

Namun, tidak menutup kemungkinan sistem hybrid akan diaplikasi di mobil-mobil Aston Martin selama nilai-nilai filosofi yang dipegang merek Inggris ini tetap bisa dipertahankan.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment