Monday, June 17, 2013

Penyebab Suara Kasar Saat Pindah Gigi di Honda CBR150R

Penyebab Suara Kasar Saat Pindah Gigi di Honda CBR150R Jakarta - Hallo detikOto, saya memiliki Motor CB150R. Motor ini cuma saya pakai harian ke kantor jaraknya nggak sampai 10 km. Yang mau saya tanyakan, mengapa pada saat saya mau oper gigi dari 4 ke 5, suka jadi seperti netral dan ada bunyi krek-krek.

Saya kira cuma karena belum servis awal tapi setelah saya servis awal kondisinya tetap seperti itu. kira-kira apa ada yang rusak atau bagaimana? Mohon bantuannya, Terima kasih.

Yani
Manado

Jawaban:

Halo Yani, salam detikOto.

Pengoperasian persneling pada motor sport memang kadang terasa susah dan ada bunyi-bunyi kecil kalo penggunaannya tidak terbiasa atau kurang tepat.

Hal ini biasa terjadi kalau saat oper gigi persneling putaran mesin masih tinggi dan tuas belum full ditarik tapi kaki sudah duluan nginjak persneling.

Suara kasar itu muncul karena saat oper gigi pada gear persneling di dalam bak mesin masih dalam kondisi berputar mengikuti gear lainnya, sehingga pada saat gigi berpindah agak di paksa dan menimbulkan bunyi kasar "bletak".

Untuk hasil pengoperasian yang lebih halus, pastikan Anda tidak menarik gas saat ingin pindah gigi persneling, kedua pastikan juga Anda menarik handle kopling full baru gigi dioper.

Pengaruh lain yang menyebabkan suara kasar saat oper gigi bisa juga karena setelan handle kopling kurang tepat, oleh sebab itu harus disetel ulang jarak mainnya.

Terima kasih
Andriyanto-Bintang Motor

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment