Monday, June 17, 2013

BBM Makin Mahal, Pengguna Mobil Harus Bijak Berkendara

BBM Makin Mahal, Pengguna Mobil Harus Bijak Berkendara Jakarta - Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina dipastikan akan segera naik. Pengguna mobil harus lebih bijak lagi dalam berkendara.

Komunitas dengan anggota yang sudah mencapai 3.675 orang, AvanzaXenia Indonesia Club atau AXIC siap menerima kenaikan BBM.

"Oleh karena itu, kenaikan harga BBM bersubsidi ini diharapkan bisa mendorong seluruh masyarakat untuk lebih hemat mengonsumsi BBM bersubsidi, antara lain dengan menerapkan eco and safety driving manner di jalan," ujar Indra Ketua Umum PP AXIC Indra T Ariandhi surat elektronik yang diterima detikOto, Selasa (18/6/2013).

Indra mengutarakan dengan cara mengemudi kendaraan yang bijak di jalan maka otomatis akan membantu penghematan subsidi pemerintah.

Dan harapannya subsidi untuk BBM bisa dialihkan ke moda transportasi massal demi mengurangi kemacetan yang terjadi di ruas jalan Jakarta dan sekitarnya.

"Sebab dengan lebih hemat mengonsumsi BBM, maka dana subsidi untuk BBM bisa ditekan pula dan dialihkan ke subsidi lain seperti subsidi ke transportasi publik. AXIC mendesak pemerintah mengalihkan dana subsidi BBM ke pembangunan transportasi publik yang aman, nyaman, dan menjangkau masyarakat luas," imbuh Indra.

Dengan demikian, masyarakat akan lebih suka menggunakan transportasi publik dalam hari-hari kerjanya. "Jadi kenaikan harga BBM bersubsidi tahun ini tidak sia-sia dan bermanfaat secara jangka panjang," tutup Indra.

Sebelumnya, pemerintah mengatakan harga BBM subsidi yakni premium menjadi Rp 6.500/liter dan solar Rp 5.500/liter akan segera naik setelah APBN-P 2013 disepakati DPR semalam.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, kenaikan harga BBM subsidi masih belum akan berlaku hari ini. Harga BBM subsidi akan naik paling lama dalam seminggu lagi.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment