Monday, June 17, 2013

Harga Makin Gila, Tempat Parkir Kini Jadi Investasi

Harga Makin Gila, Tempat Parkir Kini Jadi Investasi Jakarta - Di banyak negara maju tempat parkir sudah bagai rumah atau apartemen yang diperjual-belikan. Lihat saja sebuah tempat parkir kecil di San Fransisco ini. Harganya mencapai Rp 808,52 jutaan.

Tempat parkir ini berada di kawasan South Beach San Fransisco, Amerika Serikat. Ukurannya tergolong kecil hanya 8x12 kaki saja di sebuah garasi tertutup di dekat stadion baseball. Harga tempat parkir ini mencapai US$ 82 ribu atau sekitar Rp 808,52 jutaan.

Agen real estate kota itu mengatakan kalau tempat parkir adalah investasi yang menarik di kota yang padat seperti San Fransisco. Minimnya lahan di kota besar adalah salah satu alasannya.

Bahkan sang agen juga mengatakan kalau harga rumah akan naik hingga US$ 100.000 bila rumah itu ada parkirannya. Hal itu tidak mengherankan. Karena di daerah South Beach tadi, sewa bulanan tempat parkir mencapai US$ 400-450 atau sekitar Rp 3,9-4,4 jutaan.

Sebelumnya, dua tempat parkir di Boston, Amerika Serikat juga membuat kepala tergeleng setelah laku terjual US$ 560.000 atau sekitar Rp 5,5 miliar.

Nilai ini sama dengan dua kali harga jual rata-rata rumah di kawasan tersebut.

Perang penawaran terjadi ketika lelang untuk dua tempat pakir di kawasan Back Bay ini dimulai, dengan harga awal hanya US$ 42.000. Pihak pelelang adalah Kantor Layanan Pajak Boston, yang mengambil-alih ini dua tempat parkir ini karena sang pemilik memiliki tunggakan pajak.

Dan pembelinya adalah wanita bernama Lisa Blumenthal, yang tinggal di satu rumah bernilai jutaan dollar, tak jauh dari tempat parkir ini.

Kepada media setempat Blumenthal, yang sudah memiliki tiga tempat parkir, mengatakan ia sengaja membeli dua tempat parkir untuk memudahkan tamu.

Harga yang dibayar Blumenthal mengalahkan rekor harga tempat parkir sebelumnya, yang mencapai US$300.000, juga di kawasan Back Bay. Padahal harga rumah rata-rata di Massachusetts adalah US$ 313.000 atau sekitar Rp 3 miliar.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment