Sunday, June 2, 2013

Kiblat Otomotif Amerika Terancam Bangkrut

Kiblat Otomotif Amerika Terancam Bangkrut Detroit - Bukan hanya perusahaan, kota yang terkenal sebagai kiblat otomotif di Amerika Serikat, Detroit terancam bangkrut. Alhasil, banyak aset Detroit termasuk berbagai mobil klasik yang akan dilelang.

Dikutip dari Motoramic, kota Detroit saat ini diperkirakan menghadapi utang hingga US$ 15 miliar dan membutuhkan dana cash untuk menutupinya.

Akibat utang-utang tersebut para pecinta seni mengatakan kalau para kreditor sudah mendesak kota untuk menjual seni dari Institut Seni Detroit seperti karya Van Gogh, Matisse dan Warhol yang kemungkinan bisa laku hingga lebih dari US$ 100 juta bila dilelang.

Namun selain memiliki benda seni, kota ini juga memiliki harta karun mobil bersejarah dan klasik yang disumbangkan selama beberapa dekade dari pecinta atau keluarga pendiri industri otomotif AS.

Mobil prototipe seperti prototipe pertama Ford Mustang dimiliki kota ini yang bila dilelang bisa menembus angka jutaan dollar. Mobil ini dibuat pada 1963 sebagai mobil konsep yang disokong mesin V8 289 inch.

Mobil yang ada di Museum Sejarah Detroit ini berkumpul bersama 75 kendaraan lain yang juga bersejarah diantaranya adalah Ford Cougar 1963 yang ketika itu dianggap sebagai 'pembunuh' Corvette.

Ada pula mobil pertama yang menggunakan emblem Cadillac yakni sebuah Runabout 1905 serta mobil milik Dodge.

Memang saat detikOto berbincang dengan salah satu bos produsen Big Three Amerika, Detroit memang tidak lagi menyenangkan untuk ditinggali. Kota yang merupakan rumah dari GM, Chrysler dan Ford tersebut tidak memiliki banyak petugas kepolisian karena pemerintahnya kesulitan keuangan jadi dari sisi keamanan agak rawan.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment