Sunday, June 2, 2013

Kick Starter Vega Masih Minus Karet, Yamaha?

Kick Starter Vega Masih Minus Karet, Yamaha? Jakarta - Pabrikan motor berlogo Garpu Tala meluncurkan motor bebek Vega RR facelift bercorak Yamaha R6. Sayang, engkol motor ini masih telanjang, alias tidak pakai karet. Kaki cukup sakit jika harus 'menyela' motor.

Pengguna Yamaha Vega pun banyak mengeluhkan tidak adanya karet pada komponen kick starter tersebut.

Menanggapi hal itu Yamaha beranggapan bahwa kick starter adalah komponen darurat ketika electric starter mengalami kerusakan.

Jadi fungsi kick starter itu sendiri tidak terlalu dibutuhkan karena bisa menggunakan electric starter di pagi hari dan seterusnya dengan syarat tidak terjadi masalah pada kelistrik sehingga mengganggu kinerja electric starter.

"Ya sebenarnya penerapan itu sudah mulai sejak zamannya Mio diluncurkan 10 tahun lalu. Karena berdasarkan riset makin banyak orang yang menggunakan electric stater dibandingkan kick stater. Walaupun secara rasa kick stater masih diinginkan walau tidak digunakan," kata General Manager Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo kepada detikOto, Senin (3/6/2013.

Jadi menurut Eko, komponen kick stater ini tidak terlalu berfungsi, dan cuma sebagai 'hiasan' ketika kondisi aki masih membaik. Sementara itu kalau kondisi aki bermasalah, baru komponen kick starter berguna untuk menyalakan mesin motor Vega RR tersebut. Dan sebaliknya ketika masalah terselesaikan, fungsi dari electric starter kembali normal.

"Electric starter sendiri tidak membuat aki soak, karena dengan penggunaan yang benar yang tercantum dalam buku manual, aki tetap aman tenteram sentosa," yakinnya.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment