Wednesday, July 31, 2013

'Hari Henry Ford' Dirayakan di Seluruh Dunia

Jakarta - Salah satu tokoh besar di industri otomotif global, Henry Ford hari ini terhitung sudah 150 tahun. Untuk merayakan pendiri merek mobil Ford itu, seluruh dunia merayakannya.

Hari ini menandai perayaan ulang tahun Henry Ford ke-150, yang ide-ide inovatifnya telah merevolusi transportasi dan membawa mobilitas kepada masyarakat luas. Pengaruh abadi Henry Ford diakui melalui acara dan deklarasi di seluruh Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Perayaan di kantor pusat Ford Motor Company di Dearborn disertai dengan proklamasi khusus oleh negara bagian Michigan yang menyatakan "Hari Henry Ford". Di Washington, D.C., ratusan anggota masyarakat di pusat kota dan di Capitol Hill menandai hari ini dengan menikmati cupcake hari peringatan yang dikirimkan dengan truk makanan - bagian dari gerakan mobilitas yang pasti akan didukung Henry Ford.

Ada 21 dealer di 21 pasar Asia Pasifik yang telah meluncurkan bulan Ford Heritage dengan mengubah showroom menjadi pameran sejarah Ford. Sementara Ford Jerman menandai perayaan ini dengan serangkaian lima aksi bersama yang merayakan banyaknya terobosan otomotif Ford selama 110 tahun terakhir.

Di sisi lain ada lebih dari 4.000 orang menghadiri acara komunitas yang diadakan oleh Ford di Rumania dan di Inggris, perayaan ditutup dengan peresmian patung Henry Ford yang telah direstorasi di Tech Centre Ford UK.

Dan dalam bulan-bulan mendatang, perayaan akan dilanjutkan dengan acara tambahan di seluruh Amerika Serikat, Eropa dan Amerika Selatan.

Perayaan yang terhitung cukup masif itu dilakukan karena Henry Ford dianggap berperan besar dalam mengenalkan mobil kepada masyarakat luas serta mengubah ekonomi pertanian di Amerika Serikat dan di seluruh dunia menjadi pasar industri dan perkotaan yang sejahtera.

Banyak sejarawan yang mengakui Henry Ford sebagai pencipta kelas menengah di Amerika. Upah minimumnya yang tinggi - yang revolusioner pada saat itu - menetapkan awal bagi distribusi yang adil atas kekayaan perusahaan yang kemudian mempengaruhi praktik manajemen. Untuk mendapatkan perjalanan Henry Ford, klik di sini.

Henry Ford awalnya berjuang untuk mendapatkan pijakan keuangan yang solid bagi Ford Motor Company, dengan berhasil melakukan terobosan melalui Model T. Kendaraan ikonis ini tampil perdana pada bulan Oktober 1908, berhasil membuka era baru di Amerika. Lebih dari 15 juta Model T diproduksi dan dijual bersamaan dengan Ford Motor Company menciptakan mobilitas negara Amerika Serikat.

Untuk membuat Model T, pada tahun 1913 Henry Ford memperkenalkan jalur perakitan bergerak pertama untuk mobil. Dalam 18 bulan, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah Model T berkurang dari 12 ½ jam kerja menjadi 1 ½ jam kerja, yang mengantarkan industri otomotif ke era modern.

Sedangkan untuk mengurangi tingkat perputaran tenaga kerja yang tinggi, Henry Ford meningkatkan lebih dari dua kali lipat gaji mereka pada tahun 1914, dari US$ 2.34 untuk sembilan jam kerja per hari menjadi US$ 5 untuk delapan jam per hari.

Sementara untuk meningkatkan kualitas, Henry Ford berusaha untuk memiliki, mengoperasikan dan mengoordinasikan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil lengkap. Prinsip ini, dikenal sebagai integrasi vertikal, dipraktikkan pada tahun 1927 dengan Model A.

"Apa yang telah ditetapkan kakek buyut saya, khususnya warisan inovasinya, terus mengilhami komitmen kami untuk menciptakan bisnis yang kuat, produk yang hebat dan dunia yang lebih baik," kata Ford Executive Chairman Bill Ford.

"Kami menempatkan tingkat teknologi yang tak terduga ke dalam jangkauan jutaan orang, mempercepat pengembangan produk baru yang diinginkan dan dihargai pelanggan, serta mendorong pertumbuhan dengan menciptakan lapangan kerja dan membawa kebebasan mobilitas bagi dunia," tambahnya.

Henry Ford sendiri meninggal pada tanggal 7 April 1947, pada usia 83. Lebih dari 50 tahun setelah kematiannya, pada tahun 1999, majalah Forbes menamainya "Businessman of the Century," dan pada tahun 2012 film dokumenter History Channel menyorotinya sebagai salah satu dari "The Men Who Built America."

"Visi kakek buyut saya adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan membuat mobil yang terjangkau untuk keluarga pada umumnya," kata Bill Ford. "Visinya untuk memproduksi mobil dengan harga yang sesuai, andal dan efisien masih tetap bergema dan mendefinisikan visi kami hari ini," tambahnya.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment