Wednesday, July 31, 2013

Tips Mudik ala Pak Polisi

Tips Mudik ala Pak Polisi Jakarta - Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang jauh lebih nyaman dibanding menggunakan kendaraan umum. Namun, pengemudi kendaraan yang melakukan perjalanan jauh, harus memperhatikan faktor keselamatan.

"Faktor-faktor keselamatan tetap harus dijaga selama berkendara, apalagi menempuh perjalanan mudik jarak jauh. Dari sisi human error dan kendaraan harus diperhatikan betul," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Mudik perjalanan jauh akan sangat melelahkan dan menguras keprimaan tubuh. Untuk itu, Rikwanto mengimbau agar pemudik, khususnya yang menyetir menyiapkan kondisi fisik yang prima sebelum berangkat.

"Jangan paksakan jika tubuh kurang fit. Bila perlu, yang nyetir bergantian agar bisa beristirahat," kata Rikwanto.

Ia juga mengimbau, sebaiknya pemudik memeriksakan kesehatan lebih dahulu ke dokter. Hindari menggunakan obat keras, alkohol atau minuman penambah energi.

"Jika merasa lelah atau mengantuk, sebaiknya beristirahat dulu di rest area, rumah makan atau di kantor polisi. Kantor polisi bisa dijadikan untuk beristirahat," ujar dia.

Pemudik juga bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan seperti pijat gratis dan pemeriksaan kesehatan di Pos Pengamanan yang terdapat di jalur mudik.

Bagi pengemudi, pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) dibawa. Pengemudi harus mengenali rute dan kondisi jalan di jalur mudik yang akan ditempuh.

"Perhatikan faktor cuaca. Berhati-hati mengemudi bila dalam kondisi cuaca yang buruk," ujarnya.

Ia juga mengimbau pengendara untuk berdisiplin dan mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, serta arahan petugas kepolisian di lapangan. Berkendaralah dengan sopan dan tertib serta tidak ugal-ugalan.

"Dan yang terpenting, siapkan nomor-nomor darurat, khususnya yang berada di sepanjang jalur perjalanan, manakala di jalan menemukan kendala atau hambatan," tutupnya.

(mei/ddn)

0 comments:

Post a Comment