Sunday, July 7, 2013

Satu Kamera Tiga Fungsi Keamanan

Satu Kamera Tiga Fungsi Keamanan Bratislava, Slovakia - Mobil-mobil mewah biasanya memiliki berbagai kamera untuk mendeteksi obyek atau kendaraan lain di sekelilingnya. Tetapi Nissan berinovasi dengan menyediakan hanya satu kamera untuk 3 fungsi keamanan sekaligus.

Fitur yang dinamai Nissan Safety Shield ini terpasang di mobil hatchback terbaru Nissan, Note.

Safety Shield ini seolah-olah akan melindungi pengendara dan penumpang mobil dari risiko tabrakan atau melukai pejalan kaki.

Nissan Safety Shield merupakan teknologi tinggi yang dipasang Nissan di segmen lebih rendah yakni B-segment.

Nah tidak seperti mobil-mobil mewah yang menggunakan berjumlah banyak dan radar yang pastinya mahal, Note hanya membutuhkan satu kamera saja untuk memonitor situasi di sekelilingnya.

Kamera ini ditempatkan di bagian belakang mobil, dekat pegangan pintu bagasi dan bisa memantau situasi di depan mobil, samping atau belakang mobil.

Untuk memastikan kamera tetap jernih, Nissan mengembangkan sistem pembersihan kamera yang unik 'wash and blow dry' yang menggunakan air dan udara bertekanan tinggi.

Jadi intinya Nissan Safety Shield memiliki tiga fungsi:

Blind Spot Warning

Jika ada mobil yang terdeteksi berada di area blind spot (biasanya samping pengemudi), bakal ada lampu peringatan di spion Note. Jika pengendara tetap maksa menyetir ke arah mobil yang melaju di blind spot tadi, sistem akan mendeteksi kendaraan di area berbahaya, dan mengeluarkan peringatan berupa, lampu yang berkedip-kedip dan suara peringatan

dok NIssan

Lane Departure Warning:

Ini merupakan fitur canggih yang biasanya dipasang di mobil berharga miliaran. Sistem komputer yang canggih akan mendeteksi cat di lajur jalan untuk memastikan mobil tetap berada di lajurnya.

Jika mobil tiba-tiba bergeser, sistem akan memperingatkan pengemudi untuk kembali ke lajur yang tepat.

dok Nissan
Moving Object Detection

Sistem ini memperingatkan pengemudi jika ada obyek bergerak di belakang mobil. Misalnya ketika mobil diparkirkan, dan ada pejalan kaki yang melintas, sistem akan memperingati pengemudi.

Kamera akan memperlihatkan kondisi di belakang mobil melalui layar 5.8-inch NissanConnect.



Masih penasaran? Yuk simak video di bawah ini.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment