Wednesday, August 14, 2013

Menjajal Mobil Irit BBM Suzuki Alto Eco

Menjajal Mobil Irit BBM Suzuki Alto Eco Tokyo - Saat ini salah satu mobil kecil yang paling irit BBM adalah buatan Suzuki yakni Alto Eco. Mobil memiliki konsumsi BBM 33,0 km/liter.

Namun dalam waktu dekat Daihatsu Mira e:S diyakini akan mengalahkan angka konsumsi BBM Suzuki Alto.

Konsumsi BBM memang merupakan dewa bagi mobil-mobil kecil. Angka itu menjadi acuan bagi konsumen.

Terus bagaimana Suzuki Alto Eco bisa memiliki konsumsi BBM yang super irit?

Konsumsi BBM yang rendah direalisasikan dengan penerapan berbagai teknik mulai dari bodi aerodinamik, teknologi ramah lingkungan seperti ENE-CHARGE, optimalisasi powertrain, dan lebih banyak lagi.

Bahkan sampai hal yang ekstrem yakni mengurangi kapasitas tangki menjadi hanya 20 liter. Tekanan ban pun ditingkatkan menjadi 300 kPa. Settingan yang cukup drastis memang.

Padahal meningkatkan tekanan ban biasanya akan membuat mobil terasa tidak enak karena berkurangnya stabilitas.

Kekhawatiran itu sempat mengawali sesi test drive mobil Alto Eco ini. Tetapi ternyata performa Alto Eco tidak terlalu mengecewakan.

Mobil melaju cukup smooth sejak awal. Bodi yang ringan dipadukan dengan mesin R06 dan transmisi CVT berkontribusi pada awal yang mulus.

Sebaliknya, getaran atau kebisingan mesin tampaknya terlalu kuat bahkan untuk mobil kecil, sehingga tantangan bagi Suzuki di masa depan adalah menyelesaikan isu-isu tersebut dengan tetap menjaga konsumsi bahan bakar rendah.

Suzuki Alto Eco


Yang menarik di awal indikator speedometer berwarna biru, namun akan berubah menjadi hijau jika Anda membawa mobil dengan efisien. Ini indikator menarik untuk mengingatkan Anda kalau Anda sudah melaju dengan efisien.

Suzuki Alto Eco


Jika dikendarai di jalanan perkotaan, berkendara dengan mobil ini cukup nyaman, bahkan ketika mobil meliuk-liuk dengan tiba-tiba atau mengerem mendadak, mobil tidak kehilangan kontrol.

Ketika Anda berhenti menyetir dan mematikan mesin mobil akan muncul "Eco Score" untuk memperlihatkan seberapa bagus cara eco-driving Anda.

Secara keseluruhan Alto Eco bukan mobil yang akan saya rekomendasikan, tetapi sebagai mobil keluarga, sebagai mobil kedua atau ketiga untuk dipakai di perkotaan mobil ini adalah pilihan yang tepat.

Bukan karena konsumsi BBM yang iritnya saja tetapi juga mobil ini tidak mahal.



Suzuki Alto Eco
Rating 5 Bintang:
Packaging: ★★★
Interior/Comfort: ★★★
Power source: ★★★
Footwork: ★★★
Recommendation: ★★

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment