Sunday, February 16, 2014

Justin Bieber Gagal Beli Saham Perusahaan Mobil Listrik AS

Justin Bieber Gagal Beli Saham Perusahaan Mobil Listrik ASWashington - Penyanyi Justin Bieber tidak jadi menanamkan duitnya di pabrikan mobil listrik Fisker Automotive. Perusahaan itu malah jatuh ke tangan China, Wanxiang Group. Sebuah perusahaan suku cadang terbesar di China.

Seperti dikutip Reuters, Senin (17/2/2014) Bieber malah tidak mengikuti proses lelang Fisker. Wanxiang mengalahkan orang kaya asal Hong Kong Richard Li.

Padahal sebelumnya, beredar bisik-bisik kalau Bieber siap menanamkan modalnya karena ingin menyelamatkan Fisker dari kebangkrutan. Bieber diketahui memang memiliki sebuah mobil listrik Fisker Karma. Dia khawatir jika perusahaan itu bangkrut, mobil listriknya tidak akan terawat.

Namun toh, Bieber tidak usah khawatir lagi, karena sudah ada perusahaan China yang membeli Fisker senilai US$ 149,2 juta. Semua aset dan kewajiban Fisker kini beralih menjadi milik China.

Fisker yang bermarkas di China itu aslinya merupakan perusahaan milik Henrik Fiske, seorang mantan perancang di BMW.

Fisker mulai goyah di 2012 karena biaya yang sangat tinggi dan kegagalan dalam sistem teknis yang membuat mereka kehilangan uang tunai.

Fisker kemudian mengajukan kebangkrutan pada bulan November dan mereka tadinya mau menjual seluruh aset ke Richard Li. Namun hal itu ditentang oleh kreditor Fisker karena mereka tidak akan mendapatkan apa-apa dari proses itu. Para kreditor tadi malah bersatu dengan Wanxiang dan meminta untuk dilakukan lelang.


0 comments:

Post a Comment