Sunday, March 16, 2014

Mobil Murah Bakal Makin Banyak di China

Mobil Murah Bakal Makin Banyak di ChinaBeijing - Pasar mobil China merupakan pasar mobil tergemuk di dunia. Tiap tahun ada belasan juta mobil yang terjual di sana. Nah, bila biasanya segmen mobil murah di China dikuasai oleh merek-merek lokal, raksasa internasional siap melahirkan mobil murah pula.

China Car Times melaporkan kalau perkembangan penjualan mobil China diprediksi akan terus meningkat, namun di masa depan, wilayah pinggiran dan kota-kota kecil akan memegang peranan dalam hal penjualan mobil setelah banyak kota besar melakukan pembatasan kendaraan.

Tahun 2013 saja pasar mobil terbesar di dunia ini berhasil menyerap hingga 21.980.000 mobil dan diprediksi akan meningkat tahun ini.

Dongfeng-Nissan pernah mengatakan kalau dengan semakin meningkatnya ekonomi di kota-kota kecil atau di desa-desa, penjualan mobil nantinya tidak hanya akan terpaku di kota besar semata.

Kota kecil dan desa malah akan menjadi tulang punggung penjualan mobil di negeri Tirai Bambu itu untuk itu, mereka pun siap menelurkan mobil murah.

Di sisi lain, FAW-VW juga sudah mengumumkan akan melahirkan mobil murah dengan harga di kisaran angka 50.000 RMB atau sekitar Rp 92 jutaan saja.

Hal ini sejalan dengan rival mereka, Ford yang juga memiliki niat serupa untuk memperkenalkan mobil murah. Raksasa Amerika lain, General Motors juga berniat untuk memproduksi Chevrolet Sail terbaru yang didesain khusus untuk China. Rencananya mobil ini akan dilepas juga di angka 50.000 RMB.

Dengan langkah-langkah yang disiapkan oleh produsen mobil internasional tersebut, maka persaingan di pasar mobil paling potensial di dunia ini diprediksi akan semakin ketat.

Sebab sebelumnya, segmen mobil berharga antara 50.000-70.000 RMB atau sekitar Rp 92-129 jutaan adalah domain merek lokal China.


0 comments:

Post a Comment