Saturday, April 19, 2014

Motor di AS Bakal Pakai Black Box

Motor di AS Bakal Pakai Black BoxJakarta - Kendaraan roda dua di Amerika Serikat diharuskan menggunakan black box (kotak hitam). Langkah tersebut sama seperti yang NHTSA usulkan untuk semua kendaraan roda empat beberapa tahun silam.

Senator AS John Hoeven dan Amy Klobuchar mengatakan perangkat yang biasa digunakan pesawat terbang ini dianggap mampu mempermudah merekam peristiwa kecelakaan pada setiap kendaraan motor.

Saat ini keduanya telah mengusulkan undang-undang untuk motor agar terpasang alat Event Data Recorder (EDR) atau sejenis black box yang bisa merekam jejak kendaraan roda dua dilansir autoevolution, Minggu (20/4/2014).

Kedua orang ini menjelaskan semua data yang dikumpulkan oleh Event Data Recorder (EDR) ini sifatnya benar-benar pribadi dan dilindungi undang-undang yang melarang akses ke data tanpa izin dari pemilik atau dari perintah pengadilan.

Mengutip A&R, data tersebut bisa digunakan bertujuan untuk penelitian mencari data sebelum dan sesudah kecelakaan.

Jadi EDR ini tidak hanya pada truk, bus, mobil pribadi dan kendaraan umum lainnya, namun motor juga menggunakan alat tersebut untuk melacak individu dan keperluan lainnya yang sifatnya penting.


0 comments:

Post a Comment