Tuesday, June 24, 2014

Ini Cara Baru BMW Deteksi Kerusakan Bodi Mobil

Ini Cara Baru BMW Deteksi Kerusakan Bodi MobilBerlin - Kian hari produksi mobil semakin canggih saja. BMW menggabungkan teknologi virtual yang biasa dipakai saat bermain game untuk mendeteksi cacat pada bodi mobil yang mereka produksi.

BMW menyebut inovasi di pabrik mereka sebagai Revolusi Industri Keempat. Di mana setiap bodi mobil misalnya bemper yang baru mereka produksi akan mudah diperiksa kualitasnya dengan hanya menunjukkan tangan saja.

Jadi sebelum bemper dipasang di mobil, pekerja seperti terlihat di foto di atas, akan mengecek kualitas bemper dengan jarinya saja. Untuk meraih target kualitas 100 persen, maka setiap kesalahan di produk akan tercatatkan secara otomatis dan dievaluasi.

Sebelumnya, seperti dilansir situs resmi BM W, para pekerja harus mendokumentasikan sendiri hasil pengecekan suku cadang di komputer mereka.

Praktik seperti ini memakan waktu, terutama ketika komputer tidak bisa dipasang di dekat area pengetesan dan pekerja harus berjalan lebih jauh menuju tempat kerja yang lain untuk meng-input data. Jika beberapa masalah muncul, maka proses dokumentasi akan lebih rumit dan semakin kompleks.

Karena itulah BMW mengembangkan sistem deteksi kerusakan yang unik ini bekerja sama dengan Fraunhofer Institute.

Pabrik BMW di Landshut pun bisa menggunakan program yang bisa mendeteksi segala kerusakan dengan menggunakan data dari gestur pekerja saja.


0 comments:

Post a Comment