Tuesday, June 3, 2014

Tahun Depan Mazda 'Paksa' Mobilnya Lebih Irit BBM 30%

Tahun Depan Mazda Jakarta - Mobil apa yang Anda kendarai saat ini Otolovers? Mobil yang kencang dan enak dikendarai tapi boros BBM? Atau mobil yang tidak dikendarai tetapi irit BBM?

Nah Mazda mencoba meracik mesin mobilnya agar lebih irit BBM namun tetap asyik untuk dikendarai tepatnya dengan penggunaan SKYACTIV. Mereka pun menargetkan tahun depan konsumsi BBM mobil Mazda bakal lebih irit.

Product Planner PT Mazda Motor Indonesia, Bonar Pakpahan dalam diskusi dengan redaksi detikcom, 'Ngobrol Seputar Otomotif (Ngepot)' di kantor detikcom, Selasa (3/6/2014) menuturkan Mazda ingin membuat konsumsi BBM mobilnya lebih irit sampai 30 persen pada tahun 2015.

"Kami ingin average fuel ekonomi menjadi lebih irit di seluruh dunia, 30 persen pada 2015 dibanding tahun 2008 saat Zoom-Zoom pertama kali diperkenalkan," ujarnya.

Dari situlah Mazda lanjut Bonar, mencoba mengeksplorasi teknologi mesin dengan mengusung SKYACTIV. Dengan SKYACTIV, lanjutnya, baik itu performa berkendara maupun efisiensi mesin akan tercapai dengan baik

"Dan pertama kali yang break through adalah dengan mesin yang rasio kompresinya sangat tinggi bahkan paling tinggi dari mobil-mobil yang diproduksi massal saat ini. Rasio kompresi mobil Mazda dengan SKYACTIV bisa mencapai 1:14," ujarnya.

Bonar mengibaratkan teknologi SKYACTIV ini sebagai orang yang sedang memanah. Dia bisa menghasilkan energi terbesar untuk melontarkan anak panahnya lebih jauh.

Sementara pabrikan lain untuk menghasilkan tenaga yang serupa harus menambah mesinnya dengan teknologi hybrid. "Mazda ingin meningkatkan efisiensi teknologi dasar dulu. Dari situlah Mazda muncul dengan teknologi SKYACTIV terutama mesin," ujarnya.

Di Indonesia, SKYACTIV pertama kali dipasang pada CX-5 pada 2012, kemudian menyusul Mazda6 pada 2013. "Komitmen kita, SKYACTIV akan digunakan di semua mobil Mazda," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment