Wednesday, July 23, 2014

Prospek Industri Otomotif di Tangan Jokowi

Prospek Industri Otomotif di Tangan JokowiJakarta - Joko Widodo sudah ditetapkan KPU menjadi presiden terpilih hasil Pilpres 2014. Bagaimana prospek industri otomotif ke depan, apakah penjualan otomotif seperti mobil/motor akan meningkat?

"Sebenarnya bukan tergantung kepada Jokowi tetapi nanti terhadap koordinasi seluruh tim kabinetnya, program kerja atau strategi aktivitasnya dan eksekusi koordinasi di lapangan baik di pusat dan daerah," ujar Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya kepada detikOto.

Thomas menuturkan industri otomotif merupakan industri yang padat karya. Untuk total di industri otomotif yang diperlukan adalah prinsip sangat kuat dan erat sebagai mitra kerja antara asosiasi para APM (Agen Pemegang Merek) dengan seluruh integrasi komponen pemerintah yang tersinergi dan terkoordinir.

Karena rantai industri bisnis otomotif sangat besar dan luas, ada lapangan pekerjaan di para supplier yang mencapai ratusan supplier dari lapis 1 sampai dengan lapis 3, lapangan pekerjaan di para lembaga pembiayaan sampai rural area atau pelosok area, lapangan pekerjaan di sektor transporter distribusi, dan lapangan pekerjaan di retailer atau jaringan distribusi sampai ke pelosok.

Jangan lupakan lagi fakta kalau otomotif adalah sektor pemasok pajak terbesar bagi daerah dari pajak kendaraan bermotor.

Karena itu dia berharap di pemerintahan baru yang nanti, bisa membuat pertumbuhan ekonomi yang positif dan relatif konsisten suistainable, menjaga stabilitas ekonomi dari sisi inflasi, kurs mata uang rupiah dan suku bunga, menciptakan lapangan kerja yang produktif dan efektif, membangun perbaikan infrastruktur transportasi dan ekonomi di daerah-daerah sampai dengan rural area dan bisa menjaga stabilitas politik dan keamanan sehingga membuat investor percaya dan aman untuk menggerakan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi

Thomas pun menyumbangkan saran kepada pemerintah untuk meningkatkan daya saing industri otomotif.


0 comments:

Post a Comment