Wednesday, July 23, 2014

'Tri Siap' Polisi Agar Pengendara Selamat di Jalan

Jakarta - Tidak terasa bulan suci ramadan tinggal beberapa hari, tradisi mudik pulang ke kampung halaman pun sudah dimulai. Nah kepolisian RI bagi-bagi trik bagaimana agar selamat berkendara saat melakukan mudik. Mereka menyebutnya Tri Siap. Apa saja?

"Ada 3 poin utama di saat melakukan mudik, atau biasa disebut Tri Siap," ujar Kepada Bidang Pendidikan Masyarakat Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia Kombes Pol. Pudjiono, di Sunter Jakarta Utara, saat pelepasan 'Mudik-Balik Bareng Honda', Rabu (23/7/2014).

Pudjiono menjelaskan satu persatu, apa saja 'Tri Siap' ala kepolisian agar setiap pemudik bisa selamat di saat berkendara.

"Tri Siap pertama, siap dengan segala peraturan lalu lintas yang ada. Apa pun perintahnya, jika dialihkan ke jalur alternatif atau jalan lainnya silahkan mengikutinya. Ingat jalan alternatif itu sempit jangan menyerobot, dan ikuti lajur-lajur yang sudah ada. Karena jika Anda menyalip tapi menghalangi jalan orang lain Anda bisa menyebabkan kemacetan," katanya.

Tri Siap ke-2, Pudjiono mengingatkan kesiapan fisik dari pengendara saat melakukan perjalanan jauh.

"Tidak boleh sakit, tidak boleh mengkonsumsi alkohol terlebih obat-obatan terlarang. Ini juga harus diingat, karena kesiapan fisik Anda bisa menentukan Anda selamat atau tidak," ucapnya.

"Terakhir Tri Siap ke-3, siap kendaraan. Lakukan pengecekan pada kendaraan Anda secara keseluruhan. Misalnya sistem rem, mesin dan lain-lainnya," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment