Friday, September 12, 2014

Catatan dari Titik 0 Km Indonesia

Catatan dari Titik 0 Km IndonesiaJakarta - Pulau Weh yang dulu belum begitu tersentuh kini perlahan mulai menata diri, lokasinya berada di jalan pintu masuk Selat Malaka dan merupakan pulau paling barat dari kepulauan Indonesia yang diapit oleh terumbu karang nan menawan.

Banyak orang berkata bahwa pulau ini adalah taman yang terlupakan.

Cuaca cerah di Tugu Kilometer Nol Indonesia di sisi Barat Laut pulau ini tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u Sabang, yang diresmikan pada tanggal 9 September 1997, oleh Wakil Presiden kala itu dijabat oleh Tri Sutrisno mengiringi awal Start Tim Viar Jelajah Indonesia (VJI) 2014.

Menggunakan 5 motor trail buatan anak negeri, tim VJI melakukan touring keliling Indonesia dengan menempuh jarak 25.000 kilometer. Perjalanan akan memakan waktu selama 90 hari

Tim VJI 2014 terlihat tampak asyik tarik ulur gas motor Viar CrossX 200 cc di aspal Pulau Weh dengan tikungannya yang tajam, curam dan curam karena hujan deras.

Sebelum tiba di pelabuhan Balohan, tim VJI 2014 berkunjung ke kantor walikota Sabang untuk pelepasan tim Viar Jelajah Indonesia yang juga dihadiri oleh Wakil Kapolres sabang, Kompol Irawan.

Ada cerita yang cukup membanggakan di pulau Weh ini, dahulu ketika selat Malaka memainkan peranan penting, Pulau Weh menjadi suatu pulau yang sangat strategis bahkan lebih berperan penting dibandingkan Singapura.


0 comments:

Post a Comment