Sunday, November 30, 2014

Gerah Terlalu Banyak Recall Mobil, Menteri Transportasi Jepang Bikin Satgas

Gerah Terlalu Banyak Recall Mobil, Menteri Transportasi Jepang Bikin SatgasTokyo - Penarikan kembali atau recall mobil yang diakibatkan airbag buatan Takata Corporation, membuat gerah Menteri Transportasi Jepang, Akihiro Ohta.

Dia langsung membentuk satuan tugas khusus untuk menangani isu itu. Maklum, jumlah mobil yang ditarik mencapai 16 juta unit.

Seperti dilansir Reuters, Senin (1/12/2014) Ohta mendesak pabrikan mobil melalui dilernya segera mengganti inflator airbag yang bermasalah.

"Hingga akhir September lalu sebanyak 1,37 juta kendaraan telah dibawa ke diler dalam negeri (Jepang) dan di luar negeri untuk diperbaiki," bunyi pernyataan kementerian.

Pada sidang Senat Amerika Serikat pekan lalu, eksekutif Takata dan Honda Motor Company secara terbuka telah meminta maaf kepada para korban luka atau meninggal dunia akibat akibat kantong udara yang meledak atau mengembang dengan kekuatan yang sangat besar.

Setidaknya lima kematian terjadi akibat kantong udara Takata yang bermasalah itu. Kasus itu terjadi pada mobil buatan Honda.

Sekitar 16 juta mobil dengan kantong udara Takata telah ditarik di seluruh dunia, terbanyak di Amerika sebanyak 10 juta unit.

Sementara, Takata Corporation, saat ini tengah menghadapi penyelidikan setelah 20 tuntutan dan gugatan yang dilayangkan pemilik kendaraan kepada Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment