Wednesday, December 17, 2014

Keren, Pilar-pilar Mobil Jaguar Land Rover Bisa 'Menghilang'

Keren, Pilar-pilar Mobil Jaguar Land Rover Bisa Jakarta - Teknologi canggih untuk mendukung keselamatan berkendara terus dikembangkan pabrikan otomotif. Kini, produsen mobil asal Inggris Jaguar Land Rover memperkenalkan teknologi '360 Virtual Urban Windscreen'. Teknologi ini akan memberikan pandangan sejauh 360 derajat bagi pengemudinya.

Dalam siaran pers, Kamis (18/12/2014) Jaguar Land Rover telah merilis rincian lebih lanjut dari teknologi ini. Memang, sebelumnya teknologi ini telah dipamerkan pada Konsep Land Rover Discovery Vision awal tahun ini, yang membuat bonnet mobil seakan-akan menghilang.

Teknologi 360 Virtual Urban Windscreen menggunakan layar yang ditanam di tiap pilar di dalam mobil. Layar ini akan menerima informasi dari kamera eksterior di sudut-sudut pilar yang biasa menghalangi pengendaranya.

Jika objek lain seperti pejalan kaki, pengendara sepeda maupun kendaraan lain terhalang oleh pilar mobil, secara otomatis pilar itu terlihat seperti transparan. Ketika pengemudinya ingin berbelok, secara otomatis sistem juga akan membuat pilar di kanan atau kirinya menjadi transparan.

Teknologi ini juga akan membuat pengemudinya mudah menaklukkan medan off road. Sebab, pengemudi tidak hanya dapat melihat medan di depannya, tetapi juga bisa melihat posisi roda depan dengan adanya pilar transparan.

Selain itu, saat kaca depan virtual terhubung ke Cloud, sistem ini juga memiliki kemampuan menyajikan informasi seperti jumlah parkir yang tersedia di dekatnya. Bahkan harga bensin pada SPBU di hadapan kaca depan virtual mobil ini pun bisa disajikan.

Direktur R&D Jaguar Land Rover, Wolfgang Epple mengatakan, teknologi 'pilar transparan' ini akan sangat berguna dalam kondisi perkotaan.


0 comments:

Post a Comment