Wednesday, December 17, 2014

Stok Menumpuk, Diskon Mobil yang Menggiurkan Bakal Datang

Stok Menumpuk, Diskon Mobil yang Menggiurkan Bakal DatangJakarta - Saat ini daya beli masyarakat menurun drastis gara-gara kenaikan BBM. Hal ini bisa terlihat dari permintaan kendaraan yang menurun 13 persen di bulan November lalu. Stok kendaraan pun menumpuk di diler, dan perang diskon tidak akan terbendung.

"Daya beli masyarakat yang menurun menjadi kendala, kita lihat perekonomian kita tumbuh atau tidak? Itu juga yang membuat berat ekspor kita ke depan. Kalau bicara hari ini, nilai pertukaran mata uang kita dengan US (Dolar) saja kita belum tahu," ujar Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR di sela-sela peresmian 9 outlet terpadu Daihatsu di Kelapa Gading, Jakarta.

"Kalau kapasitas produksi tinggi suplai lebih tinggi dari demand (permintaan). Beberapa brand sudah memberikan diskon," tambah Sudirman.

Lalu sampe kapan diskon akan diberikan pabrikan otomotif? "Sampai stok stabil, sampai permintaannya naik lagi, sampai pasar naik, sehingga bisa mengisi kapasitas produksi lagi," katanya.

Selanjutnya berapa stok kendaraan saat ini? "Kalau saya hitung wholesales dengan retail dari Januari sampai November 2014, selisih paling kecil retail itu 48 ribu. Berarti itukan mengisi stok," ujarnya.

"Awal tahun catatan kami di 2013 wholesale dan retail itu selisihnya 17 ribu lebih banyak wholesales. Jadi kalau ditambah hampir 60 ribu atau stok sekitar setengah bulan penjualan," katanya.

Bagaimana dengan Daihatsu? "Daihatsu sama saja. Stok setengah bulan juga. Penjualan Daihatsu mencapai 183.000-185.000 unit (2014). Tahun depan target kami juga flat sama seperti lainnya," tutupnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment