Friday, December 12, 2014

Saingi BMW dan Ford, Volvo Bikin Mesin Kecil Tiga Silinder

Saingi BMW dan Ford, Volvo Bikin Mesin Kecil Tiga SilinderStockholm - Pabrikan mobil asal Swedia, Volvo, tengah mengembangkan mesin berbobot ringan tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 180 hp. Tak hanya itu, mesin itu juga diklaim irit bahan bakar, bahkan lebih irit ketimbang mesin kecil yang pernah dibuat oleh pabrikan.

Seperti diwartakan Indianautosblog, Jumat (12/12/2014), mesin tiga silinder itu akan dilengkapi dengan turbocharger dan dipadukan dengan platform baru Volvo, yakni arstektur CMA.

“Itu dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan baru gas buang kendaraan, Euro 7,” ujar sumber di pabrikan itu.

Mesin tiga silinder Volvo itu adalah salah satu hasil dari pengembangan mesin empat silinder Drive-E. Mesin itu akan digunakan di varian dari model Seri 60, yakni Volvo V60, C60 Cross Country, Volvo S60, serta Volvo XC60.

Jika sudah diluncurkan, mesin itu akan bersaing ketat dengan mesin tiga silinder terbaru besutan BMW. Mesin tersebut telah digunakan di BMW Seri2 Active Tourer dan model anyar MINI. Selain itu, mesin ini juga akan bersaing dengan mesin kecil buatan Ford, yakni Ford EcoBoost.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment