Friday, January 9, 2015

Honda CR-V Bakal Dipasangi Fitur Canggih Ini

Honda CR-V Bakal Dipasangi Fitur Canggih IniLondon - Untuk menghadapi persaingan teknologi, Honda juga siap melahirkan sistem adaptive cruise control yang lebih canggih lagi. Pabrikan asal Jepang ini mulai memperkenalkan sistem Intelligent Adaptive Cruise Control (i-ACC).

Dalam keterangan resminya Jumat (9/1/2015), Honda mengklaim sistem predictive cruise control mereka sebagai yang pertama di dunia.

Ssistem itu merupakan sebuah teknologi yang mampu memprediksi kemungkinan mobil lain memotong jalur. Bahkan dikabarkan, lima detik sebelum memotong jalur, mobil lain bisa diprediksi dengan fitur i-ACC yang ada pada mobil Honda. Honda akan menerapkan sistem terbaru ini pada akhir tahun 2015 untuk model CR-V Executive di Eropa.

i-ACC adalah produk dari sebuah proyek penelitian yang dilakukan oleh Honda yang mempelajari perilaku pengemudi di seluruh Eropa. Honda mengatakan, sistem bisa mengidentifikasi kondisi di samping mobil, mendeteksi mobil lain yang melaju mendekati garis pembata dan mendeteksi mobil lain yang mengancam keamanan pengendara pada mobil Honda ini.

Untuk melancarkan kinerjanya, sistem ini mengandalkan kamera dan radar. Kedua perlengkapan bisa mengambil informasi kendaraan lain di jalan dengan menggunakan algoritma untuk menghitung kemungkinan mobil itu memotong ke jalur mobil Honda yang dilengkapi i-ACC.

Jika pengendara mobil Honda ini melaju di atas garis putih yang membahayakan, sistem i-ACC secara otomatis bisa menghindarinya dan bisa menyesuaikan kecepatan.

Honda menyatakan, sistem ini telah dirancang untuk beraksi sangat lembut sehingga pengemudi tidak kaget.

Artinya, pengereman yang ringan akan diaplikasikan pada tahap awal dan akan ada lampu indikator yang menyala di dashboard mobil untuk memberikan peringatan. Jika diperlukan, pengereman kuat akan diterapkan secara otomatis dan menyesuaikan kecepatan untuk menjaga jarak aman.

"i-ACC merupakan terobosan signifikan dan langkah lebih lanjut yang cukup untuk menuju generasu baru dari sistem driver assistance yang mengantisipasi perilaku pengguna jalan lainnya," ujar Pemimpin Pengembangan i-ACC di Institut Penelitian Honda Eropa, Dr Schmuedderich.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment