Friday, January 9, 2015

Warga Tiongkok Masih Sentimen dengan Pabrikan Mobil Asal Jepang

Warga Tiongkok Masih Sentimen dengan Pabrikan Mobil Asal JepangBeijing - Anda tahu kalau warga Tiongkok dan Jepang memiliki catatan sejarah yang buruk? Untuk mengingatkan kembali pikiran Anda, Tiongkok dan Jepang itu sempat bersitegang, dan sampai saat ini warga Tiongkok masih ada yang anti-Jepang.

Sentimen warga Tiongkok yang anti-Jepang itu berimbas juga kepada industri otomotif. Pabrikan asal Jepang tidak bisa tampil gemilang di Tiongkok yang kini menjadi pasar otomotif terbesar di dunia.

Dilansir laman Inautonews dari Bloomberg, Sabtu (10/1/2015) salah satu produsen otomotif asal Jepang yang mengalami masalah adalah Honda. Produsen mobil terbesar ketiga di Jepang itu tidak berhasil mencapai target penjualannya.

Sepanjang tahun 2014, Honda hanya menjual mobil sebanyak 788.276 unit. Angka itu masih dibawah target yang ditentukan yakni 800.000 unit.

Honda bersama dengan rivalnya Toyota dan Nissan masih dalam tahap pemulihan di Tiongkok.

Menurut seorang analisis di LMC Automotive, Shanghai Zhu Bin, produsen otomotif asal Jepang tidak menunjukan reaksi yang cepat di pasar otomotif Tiongkok, sedangkan pabrikan asal Eropa cukup gencar.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment