Friday, January 9, 2015

Waria dan Tukang Ngintip Dilarang Nyetir di Rusia

Waria dan Tukang Ngintip Dilarang Nyetir di RusiaJakarta - Rusia menerapkan peraturan Surat Izin Mengemudi yang mengundang kontroversi. Kaum waria merupakan kaum yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan SIM. Mereka yang suka ngintip orang mandi juga dilarang punya SIM. Apa alasannya?

Selain kaum transgender, transeksual, pembatasan SIM juga dilakukan terhadap orang mengalami apa yang disebut pemerintah Rusia merupakan "gangguan mental" yaitu fetisisme (dorongan seksual pada benda yang dimiliki lawan jenis), eksibisionis (suka memamerkan bagian tubuh), dan voyeurisme (suka ngintip).

Pemerintah Rusia seperti dilansir BBC, menuturkan mereka mengetatkan syarat kesehatan untuk pengendara karena di Rusia sudah terlalu banyak kecelakaan. Memang di Rusia banyak sekali pengendara edan, Anda bisa melihatnya di YouTube.

Pastinya aturan baru yang nyeleneh ini mengundang protes dari para penggiat HAM. Valery Evtushenko dari Asosiasi Pskiater Rusia mengatakan peraturan itu justru akan membuat orang sungkan mencari bantuan psikiater karena khawatir dilarang mengemudi.

Asosiasi Pengacara Rusia untuk Hak Asasi menyebut hukum baru itu sangat diskriminatif, dan akan mengajukan tuntutan kepada Mahkamah Konstitusi Rusia serta mencari dukungan dari organisasi HAM internasional.

Namun di sisi lain, ada juga yang mendukungnya. Antara lain dari Serikat Pengemudi Profesional.

"Di sini sudah terlalu banyak kematian di jalanan. Dan saya rasa dengan peraturan medis yang ketat ini sangat diperlukan," kata kepala serikat Alexander Kotov.

Lain halnya dengan Mikhail Strakhov, ahli psikiater Rusia, dia mengatakan bahwa saat ini belum terdapat definisi jelas mengenai 'gangguan kepribadian'. Apalagi beberapa 'gangguan' tidak akan mempengaruhi kemampuan orang untuk menyetir dengan baik.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment