Friday, January 9, 2015

Mobil Tanpa Sopir Ciptakan Pasar yang Besar

Mobil Tanpa Sopir Ciptakan Pasar yang BesarLas Vegas - Mobil otonom atau mobil tanpa sopir bisa jadi akan menjamur di 2017. Mobil otonom diprediksi akan menciptakan pasar sebesar US$ 42 miliar atau skitar Rp 530 triliun.

Hal itu diprediksi oleh Boston Consulting Group seperti dilansir Automotive News, Jumat (9/1/2015). Menurut studi dari Boston Consulting Group, mobil otonom akan dapat menavigasi jalan-jalan kota yang padat pada 2022.

Diprediksi pula, seperempat penjualan mobil di seluruh dunia akan didominasi oleh mobil otonom pada 2035. Produsen asal Jepang dan Eropa Barat mungkin akan mengadopsi teknologi yang paling cepat.

"Banyak orang tidak menyadari seberapa besar beberapa teknologi ini. Yang lebih mengejutkan, minat konsumen dan biaya produksi akan membuat kendaraan otonom yang sangat menarik bagi produsen mobil dan pelanggan mereka," kata pemimpin perusahaan otomotif di Boston, Xavier Mosquet.

Diperkirakan, sebanyak 9 miliar orang akan tinggal di daerah perkotaan dalam 25 tahun ke depan. Hal itu menjadikan sebuah pekerjaan rumah bagi produsen otomotif untuk melahirkan teknologi yang memudahkan untuk menghindari kemacetan dan memberikan kemampuan multitask dengan aman untuk pengemudinya.

Sebelumnya, CEO Ford Mark Fields mengatakan, sebuah pabrikan mobil mungkin akan melahirkan mobil otonom dalam lima tahun ke depan. General Motors juga mengatakan, pihaknya akan memperkenalkan teknologi menyetir tanpa tangan di jalan raya pada mobil Cadillac dalam dua tahun.





(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment