Sunday, January 4, 2015

Kapal Pengangkut Ribuan Mobil Rolls-Royce dan Bentley Karam

Kapal Pengangkut Ribuan Mobil Rolls-Royce dan Bentley KaramSouthampton - Sebuah kapal kargo pengangkut ribuan mobil mewah karam di perairan Inggris tepatnya di Solent. Sebelum kandas, kapal dengan nama Hoegh Osaka asal Singapura itu sedang membawa 1.400 mobil mewah seperti Rolls-Royce dan Bentley.

Seperti dilansir BBC, Senin (5/1/2015), akibat kecelakaan itu kapal miring sekitar 50 derajat, dan operasi penyelamatan kapal dan muatannya tengah dilakukan.

BMW Group mengatakan, pihaknya tengah memeriksa apakah Rolls Royce dan Mini berada di kapal itu atau tidak. Jaguar Land Rover, Honda dan Bentley juga melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah mobil-mobilnya berada di dalam kapal.

Dikabarkan, kapal ini kandas setelah mencoba melakukan manuver untuk berputar arah. Hoegh Osaka diyakini telah mengalami kegagalan mekanik yang fatal sebelum akhirnya kandas di perairan Bramble Bank, Inggris.

Solent map

Selama operasi penyelamatan, badan kapal berbobot 51.000 ton ini sudah miring 50 derajat. CEO Hoegh Autoliners, Ingar Skiaker mengatakan, kapal ini sengaja dikandaskan setelah mulai miring ketika meninggalkan Pelabuhan Southampton. Meski begitu, alasan yang tepat penyebab insiden ini masih belum jelas.

"Kami mengetahui kapal meninggalkan Southampton dengan sejumlah kargo, dan ketika keluar dari kanal, kapal mulai miring. Kapten, master, dan pilot di kapal memutuskan secara bersama-sama untuk menempatkan kapal di semenanjung pasir, untuk mengurangi masalah serius lainnya," ujarnya.

25 kru kapal berhasil diselamatkan dan 2 orang diantaranya harus dibawa ke rumah sakit karena mengalami cedera ringan.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment