Saturday, February 28, 2015

Setir Bermasalah, Hyundai Tarik 200 Ribu Lebih Elantra

Setir Bermasalah, Hyundai Tarik 200 Ribu Lebih ElantraJakarta - Hyundai Motor Corporation menarik 2014.768 sedan Hyundai Elantra karena power steering mobil bermasalah. Penarikan ini sebagai langkah antisipasi pabrikan untuk menghindari risiko keamanan berkendara.

Pernyataan Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat yang dilansir Reuters, Minggu (1/3/2015) menyebutkan, akibat masalah itu steering yang semestinya bergerak secara elektrik tiba-tiba berubah menjadi secara manual.

"Kontrol steering memang dapat dipertahankan (saat mobil melaju). Namun, kendaraan akan kembali ke mode kemudi manual, (sehingga) membutuhkan upaya yang lebih besar dari pengemudi , terutama pada kecepatan rendah ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan," sebut laporan Hyundai kepada NHTSA.

Mobil yang diduga bermasalah dan masuk adalam daftar penarikan adalah, Hyundai Elantra sedan yang diproduksi mulai 1 Juni 2008 sampai dengan 30 April 2010. Selain itu, hatchback Hyundai Elantra tipe Touring model 2009 dan 2010.

Hyundai menegaskan memahami bahwa masalah hilangnya kendali powersteering secara elektrik itu belum termasuk masalah kecacatan produksi yang membahayakan keamanan berkendara seperti yang diatur oleh peraturan di Amerika Serikat.

Namun, sebagai langkah antisipasi dan sesuai dengan tren masalah keamanan yang menjadi perhatian dunia, maka pihaknya melakukan kampanye keselamatan dengan menarik mobil tersebut.

"Untuk tetap konsisten dengan tren industri, Hyundai telah memutuskan untuk melakukan penarikan ini sebagai kampanye keselamatan,” sebut pabrikan asal Korea Selatan itu.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment