Friday, March 6, 2015

Ini Wanita Pertama yang Jadi Eksekutif Senior Toyota

Ini Wanita Pertama yang Jadi Eksekutif Senior ToyotaTokyo - Toyota Motor Corporation telah memperbanyak warga asing atau non Jepang untuk posisi senior di manajemen pabrikan itu. Bahkan, seorang untuk pertamakalinya seorang wanita yang juga warga non Jepang didapuk sebagai eksekutif senior.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (6/3/2015), selama ini tim manajemen Toyota didominasi oleh pria, khususnya pria Jepang. Adalah Didier Leroy, yang sebelumnya mengepalai Toyota Eropa, yang bakal menjadi salah satu dari enam eksekutif baru Toyota yang akan resmi menjalankan tugas sebagai Executive Vice President Toyota pada Juni mendatang.

Leroy, 57 tahun, yang bergabung dengan Toyota pada 1998 itu sebelumnya pernah bekerja di Renault. “Dia akan menjadi orang asing pertama yang menjadi Executive Vice President Toyota, sebuah pos tertinggi pertama yang ditempati oleh orang non Jepang,” tulis Reuters.

Sementara, Julie Hamp, yang saat ini tercatat sebagai kepala komunikasi perusahaan di Toyota Motor wilayah Amerika Utara, didapuk sebagai Managing Officer dan Chief Communication Officer.

Catatan PR Week menunjukkan, Hamp mulai mengemban tugas sebagai Chief Communication Officer Toyota wilayah Amerika Utara mulai Juni 2012 lalu. Sejak Hamp bergabung, Toyota kembali mencapai kegemilangan sebagai pabrikan dengan penjualan terbesar sejagat.

Dengan pengangkatannya, Hamp menjadi wanita pertama yang didapuk sebagai eksekutif senior Toyota. Dia juga menjadi wanita pertama non Jepang yang menyandang pangkat tersebut.

Sebelum bergabung dengan Toyota, Hamp adalah CCO dan Senior Vice President Consummer Relation perusahaan PepsiCo selama lebih dari empat tahun. Namun, Hamp mengundurkan diri dari jabatannya pada Maret 2012.

Adapun pengalaman di bidang otomotif tak bisa diragukan lagi. Selama 25 tahun dia malang melintang di bidang komunikasi perusahaan General Motors. Di pabrikan terbesar di Amerika Serikat itu, Hamp menapaki karir mulai dari posisi terbawah.
Berkat keuletan, ketekunan, dan kepiawaiannya di bidang komunikasi dia berhasil menapaki posisi mulai dari staf hingga direktur. Dia menduduki Vice President Commnications untuk wilayah Eropa dan mengembang jabatan direktur komunikasi untuk wilayah Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment