Saturday, May 30, 2015

'Jangan Mimpi Bikin Mobil Nasional'

Bekasi - Mobil nasional (mobnas) masih menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat Indonesia. Ada sejumlah pihak yang tertarik dan optimis untuk membuat mobil nasional. Apakah Indonesia di masa yang akan datang bakal punya mobnas?

"Jangan mimpi bikin mobil nasional (mobnas)," sindir Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Subronto Laras saat menjawab pertanyaan detikOto mengenai mobnas usai acara peresmian pabrik baru Suzuki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Subronto Laras bukan asal bicara, sebab menurutnya selama bergelut di industri otomotif nasional selama 40 tahun ia masih juga belum sanggup untuk mewujudkan mobnas. Faktor utama adalah, mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) dan tidak adanya teknologi.

"Saya saja sudah 40 tahun di industri otomotif nasional mimpi punya mobnas tidak jadi-jadi sampai sekarang," tegasnya.

Menurutnya, Indonesia tidak memiliki teknologi yang mumpuni untuk membuat mobil nasional. Meski sekarang ini bisa transfer teknologi seperti yang dilakukan pabrikan otomotif besar lainnya, tapi akan terkendala masalah biaya.

"Kalau transfer teknologi kan harus beli, nah sanggup tidak beli teknologinya itu. Mahal sekali kalau beli teknologi seperti itu," katanya sambil tersenyum.

Sekarang ini menurut Subronto harus bisa melihat kenyataan jangan kebanyakan bermimpi. Kecuali Indonesia punya teknologinya baru mobnas atau mobil-mobil lainnya akan terwujud.


0 comments:

Post a Comment