Sunday, May 3, 2015

Pasar Lesu, Toyota Kaji Lagi Target Penjualan Tahun ini

Pasar Lesu, Toyota Kaji Lagi Target Penjualan Tahun iniJakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dikabarkan merevisi target penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih pada tahun ini dari 1,2 juta unit menjadi 1,1 juta unit. PT Toyota Astra Motor masih mempelajari pasar kendaraan untuk menentukan berubah tidaknya target penjualan yang telah ditetapkannya.

“Kami saat ini sedang mempelajari, sejatinya seperti apa dinamika di pasar. Masih tengah mengkajinya. Jadi belum sampai pada kesimpulan berapa besar revisi, atau bahkan memang perlu revisi. Memang, ada kecenderungan (target total penjualan mobil secara nasional) 1,1 juta unit,” papar Direktur Markering PT TAM, Rahmat Samulo saat dihubungi di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Menurut Samulo, sepanjang kuartal pertama lalu penjualan mobil di Tanah Air menurun dibanding periode yang sama tahun lalu.

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, dampak berantai dari kenaikan harga BBM yang diberlakukan sebelumnya, dan belum cairanya anggaran pemerintah maupun swasta telah memicu melorotnya penjualan.

“Masyarakat memang banyak wait and see, menunggu kondisi perekonomian. Pada sisi lain, belum turunnya anggaran pemerintah maupun swasta telah menjadi pertumbuhan ekonomi belum optimal,” paparnya.

Padahal, lanjut Samulo, kinerja penjualan dua bulan pertama sangat berpengaruh terhadap performa penjualan bulan-bulan selanjutnya. Soalnya, untuk menggantikan penjualan yang berkurang pada dua bulan tersebut cukup sulit.

“Apalagi penurunan penjualan dua bulan pertama itu cukup besar dibanding waktu yang sama tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kami mengkajinya sebenarnya berapa besar, market saat ini (sebelum menetapkan revisi target penjualan),” kata dia.

Target Toyota tahun ini diperkirakan tidak akan terlalu jauh dari hasil penjualan mobil mereka tahun lalu yang mencapai sebanyak 399.119 unit.

Untuk mendorong pasar, Toyota sudah merilis beberapa mobil baru seperti Rush, Alphard-Vellfire, Agya serta Camry.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment