Friday, May 22, 2015

Yamaha NMAX 125 Made In Indonesia Hadir di Eropa

Yamaha NMAX 125 Made In Indonesia Hadir di EropaJakarta - Ekspor PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) sepanjang januariâ€Â"April lalu naik hingga 400 persen, dibanding periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 36.000 unit.

Salah satu penyumbang ekspor itu adalah skutik anyar NMAX 125, dengan jumlah 519 unit.

“Kami sudah mengekspornya ke Italia dan Inggris sejak April lalu. Permintaan sebenarnya lebih dari itu,” tutur Executive Vice President Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti kepada detikOto di Kantornya, Pulogadung, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, ekspor skutik bermesin 125 cc ke negara-negara Eropa tak memenuhi hambatan apapun. Baik dari sisi regulasi maupun teknis. Soalnya, proses produksi hingga standar produk telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh negara-negara di kawasan tersebut.

“Secara teknologi model ini sudah sesuai dengan standar di sana. Dan kita memproduksinya tidak ada perbedaan antara yang dipasarkan di sini (yakni NMAX 150) dengan yang diekspor (NMAX 125). Karena kita memang membuat produk yang berstandar global,” paparnya.

Ekspor ke sejumlah negara Eropa, kata Dyon, memang tak lepas dari peran prinsipal Yamaha di Jepang. Maklum, untuk membuka pasar ekspor tak hanya dibutuhkan kemampuan lobi yang tinggi, tetapi juga memerlukan kesiapan jaringan atau mitra lokal.

“Memang untuk membuka pasar ekspor, kita juga harus bersama-sama dengan prinsipal. Karena menjual saja tidak cukup, tetapi juga harus memberi jaminan bagaimana kelangsungan layanan purna jualnya. Dan tentu itu tidak mudah, makanya kerjasama dengan prinsipal itu diperlukan,” paparnya.

Sementara itu, General Manager Marketing YIMM, Hendri Wijaya menyebut, di dua negara tujuan ekspor yakni Italia dan Inggris, NMAX 125 baru diluncurkan Juli nanti.

Adapun soal mesin yang 125 cc, karena di kedua negara distributor ingin model yang memiliki kapasitas mesin sebesar itu untuk memenuhi ketentuan yang ada tentang kendaraan komuter dengan konsumsi bahan bakar yang irit.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment