Tuesday, July 21, 2015

Mobil VW Bisa Parkir Otomatis, Tanpa Perlu Disetir

Mobil VW Bisa Parkir Otomatis, Tanpa Perlu DisetirWolfsburg - Teknologi otonom di mobil alias melaju tanpa sopir dan pengecasan baterai mobil tanpa kabel untuk mobil listrik, kini tengah menjadi tren baru di dunia. Tak ingin kalah dengan pabrikan lain Volkswagen (VW) juga mengembangkan teknologi seperti itu, yakni parkir mobil secara otomatis dan pengecesan baterai nirkabel.

Dalam siaran persnya, Rabu (22/7/2015), melalui proyek penelitian dan pengembangan V-Charge yang digagas Uni Eropa, VW menggandeng enam mitra nasional dan internasional untuk mengembangkan proses pengecesan mobil listrik secara otomatis.

Teknologi yang dinamai V-Charge atau Valet Charge itu, saat ini tengah diuji coba di mobil listrik VW e-Golf.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pengguna mobil cukup menggunakan smartphone mereka. Dengan aplikasi tertentu, mobil akan di-setting mencari tempat pengecesan baterai yang masih kosong. Menariknya, setelah menemukan tempat itu, baterai mobil langsung bisa dicas tanpa harus mencolokkan kabel.

Setelah proses pengisian baterai motor listrik mobil kelar, pemilik bisa memanggil mobil melalui smartphone.

Mobil pun akan berjalan secara otomatis alias tanpa sopir menuju tempat yang diminta pemiliknya, yakni di tempat saat pemilik turun dan mobil diarahkan ke tempat pengecasan.

Pabrikan itu mengaku menggunakan empat kamera wide-angle dan tiga kamera stereo, serta sekusin sensor ultrasonic untuk mendukung sistem teknologi otomatis, baik untuk menuju tempat pengecasan maupun parkir.

Namun, VW masih sangat hati-hati untuk terus menyempurnakannya sebelum meluncurkannya ke pasar.