Tuesday, July 21, 2015

Rifat Sungkar: Bawa Mobil Sama Seperti Bawa Peluru Besar

Rifat Sungkar: Bawa Mobil Sama Seperti Bawa Peluru BesarJakarta - Anak-anak di bawah umur yang sudah membawa kendaraan bermotor menjadi sorotan utama banyak orang. Sebab, dari segi keselamatan anak-anak yang belum cukup umur masih belum mampu mengendarai kendaraan bermotor.

Rifat Sungkar, duta safety driving yang juga sebagai founder Rifat Driving Labs dan pereli nasional mengatakan, anak-anak di bawah umur belum memiliki kemampuan berkendara dari segi tanggung jawab. Jadi, berkendara bukan hanya soal skill, tapi juga tanggung jawab.

"Yang gampangnya, kenapa 17 tahun. Karena mereka sudah dewasa, bertanggung jawab. Ketika di bawah umur masalah skill, kemampuan mereka memang sudah bisa. Tapi apakah mereka berpikir dewasa? Challenge-nya di situ. Kedewasaaan itu penting," kata Rifat.

Dia menyamakan mengendarai mobil seperti membawa peluru besar. Sebab, jika salah pengendaranya dan orang di sekitarnya bisa terancam keselamatannya.

"Bawa mobil sama saja bawa peluru besar. Anak kecil reaksinya lebih lambat. Dan keputusannya belum tentu dia ngerti," sebutnya.

Jadi, Rifat menyarankan agar anak-anak di bawah umur tidak lagi membawa kendaraan bermotor. Kalau mau berlatih berkendara, manfaatkan lahan kosong, bukan jalan umum.

"Mereka harus sadar peraturan. Kalau mau latihan di tempat tertutup. Karena kalau di tempat pelatihan mereka tahu risikonya. Kalau di jalan raya, kalau awareness-nya beda. Jadi jangan menginjak jalanan sebelum umur dewasa. Teori dasar di negara manapun begitu," kata Rifat.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment