Sunday, August 2, 2015

Nissan Bakal Produksi Nissan Juke-R Hanya 17 Unit?

Nissan Bakal Produksi Nissan Juke-R Hanya 17 Unit?Turin - Setelah dipamerkan di ajang Goodwood Speed of Festival Juni lalu, Nissan Juke R bertenaga dahsyat atau biasa disebut sebagai baby of Godzila kini akan diproduksi. Namun Nissan Juke R versi produksi tak lagi mengusung mesin 3.800 cc, tetapi 2.000 cc dengan jumlah yang hanya 17 unit.

Laporan laman otomotif Italia OmniAuto yang dikutip Carbuzz, Minggu (2/8/2015) menyebut, pengerjaan Nissan Juke R-2.0 bertenaga itu bukanlah perkara gampang. Seperti halnya saat mengerjakan Nissan Juke-R yang mengusung mesin 3.800 cc milik Nissan GT-R Godzila.

Saat itu tidaklah mudah mengubah ruang mesin yang kecil dan dijejali mesin 1.600 menjadi ruang untuk mesin 3.800 cc bertenaga 600 tenaga kuda. Prosesnya pun rumit.

Laman Autoevolution menyebut kerumitan juga terjadi saat menyederhanakan sistem penggerak roda dari Nissan GT-R Godzila yang dikenal sebagai sistem penggerak empat roda yang rumit. Begitu pun di saat mesin V6 berkapasitas 3.800 cc turbo Longitudinal milik GT-R itu saat harus dicangkokan ke ruang mesin Nissan Juke.

Belum lagi soal transformasi di bagian interior. Sebab, dasbor perlu dipindahkan, dan semua komponen suspensi dan rem disesuaikan dengan sasis pendek milik Nissan Juke yang sebelumnya bermesin 1.600 cc.

Namun, semua itu ternyata bisa dilakukan. Meski saat bertandang ke Indonesia, tim Nissan Eropa di Inggris kepada detikOto mengatakan, Nissan Juke-R hanya dibuat empat unit dan tidak dijual. Keberadaannya hanya sebatas sebagai unjuk diri tentang inovasi dan teknologi Nissan.

Kini pertanyaannya, akankah Nissan bisa memantik minat konsumen dengan Nissan Juke R bermesin 2.000 itu? Terlebih, di pasar saat ini beberapa merek telah menawarkan model serupa.
Fiat misalnya menyodorkan Fiat 500 dengan mesin dari Ferrari dan VW yang membekali VW Golf dengan mesin W12 milik Bentley. Waktulah yang akan membuktikannya.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment