Saturday, September 26, 2015

Harley-Davidson Langka Ini Terjual Rp 6 Miliar

Harley-Davidson Langka Ini Terjual Rp 6 MiliarJakarta - Harley-Davidson langka keluaran tahun 1927 mencapai angka tertinggi dalam acara lelang di Australia. Motor ini menjadi satu dari 50 unit yang diproduksi dengan mesin paling langka.

Harley-Davidson FHA-8-Valve-V-Twin yang dilelang dalam acara tersebut laku terjual sebesar AUD$ 600.000 atau mencapai Rp 6 miliar seperti dilansir Gizmag pada Sabtu (26/9/2015). Harga yang fantastis untuk sebuah motor Harley langka.

Motor kuno berwarna hijau tersebut dilengkapi dengan kursi pada bagian samping. Meski pada beberapa bagian telah berkarat, namun pesona otentik dan langka dari Harley-Davidson ini menjadi daya tarik bagi para calon pembeli.

Untuk jok motor, terlihat masih menggunakan layaknya sadel sepeda. Ban pada motor roda tiga tersebut juga tampak kempes. Mesin yang digunakan pada Harley Davidson FHA-8-Valve-V-Twin terbilang langka.

Motor ini tergolong motor yang digunakan untuk balapan pada eranya. Dengan menggunakan mesin Twin Cam, pada pertengahan 1920-an motor ini menjadi pelopor di beberapa tim balap. Hingga Asosiasi Sepeda Motor Amerika mengelompokannya menjadi "Class C".

Campuran bahan bakar yang digunakan pada mesin terdiri dari 75% wood alcohol dan 25% benzol. Campuran tersebut membuat rasio kompresi motor lebih tinggi dibandingkan lainnya.

Sayangnya, banyak pebalap atau pengguna motor Harley ini dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bahkan untuk mengikuti balapan yang berbahaya. Nyawa pengendara pun hilang oleh aksi yang membahayakan tersebut.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment