Thursday, September 24, 2015

Sempat Pecahkan Rekor Mobil Diesel Teririt, VW Golf TDI Diselidiki

Sempat Pecahkan Rekor Mobil Diesel Teririt, VW Golf TDI DiselidikiWashington - Volkswagen (VW) Golf TDI model tahun 2015 sempat memecahkan rekor mobil non-hybrid teririt. Namun, mengingat VW sedang tersangkut skandal emisi, rekor itu pun dikaji ulang.

Seperti diberitakan Autoguide, Jumat (25/9/2015), rekor VW itu bisa ditarik karena mobil bermesin diesel VW terbukti tidak memenuhi syarat emisi di Amerika Serikat (AS). Mesin diesel TDI milik VW itu menggunakan perangkat lunak untuk mengelabui pengujian emisi.

"Guinness World Records sedang mempelajari masalah dan telah diteruskan ke Tim Manajemen Arsip kami di London untuk diselidiki. Kami akan memberikan komentar lebih jauh setelah hasil investigasi sudah keluar," kata Manajer Humas Guinness, Kristen Ott.

VW Golf TDI model tahun 2015 yang memecahkan rekor itu tercatat mampu menjelajah jarak 8.233,5 mil atau 13.250,5 km di sekitar AS selama 16 hari dengan hanya mengonsumsi 101,43 galon atau 383,9 liter bahan bakar. Artinya, saat pengujian sebelum memecahkan rekor, mobil itu mampu mencatatkan angka konsumsi sebesar 34,5 km/liter.

Kini, VW memutuskan untuk memperbaiki hampir 11 juta kendaraan yang dilengkapi perangkat lunak untuk mengelabui pengujian emisi bahan bakar. Skandal emisi ini bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan performa mesin dari semua mesin TDI yang diproduksi tahun 2009 sampai 2015.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment