Wednesday, October 14, 2015

Buntut Skandal Emisi VW, Sejumlah Merek Mobil Juga Akan Diperiksa

Buntut Skandal Emisi VW, Sejumlah Merek Mobil Juga Akan DiperiksaLondon - Skandal uji emisi mesin diesel yang disebut telah dilakukan Volkswagen (VW) membawa dampak ke mana-mana. Kini sejumlah pabrikan, antara lain Mercedes-Benz, Honda, Mazda dan Mitsubishi dikabarkan juga akan diteliti kadar emisi gas buang mobil buatannya.

Seperti dilaporkan Guardian dan Autoblog, Rabu (14/10/2015), di Inggris, hasil uji emisi yang dilakukan oleh perusahaan Emissions Analytics menyatakan beberapa produsen mobil papan atas banyak yang tak memenuhi standar emisi. Bahkan setelah dilakukan pengujian, ternyata gas buang Nitrogen Oksida (NOx) tak memenuhi standar.

Sejumlah media menyebut beberapa pabrikan itu antara lain Mercedes-Benz, Honda, Mazda dan Mitsubishi. Bahkan, hasil yang sama juga terjadi pada mobil Renault, Nissan, Hyundai, Fiat, Volvo, Jeep, Citroën, VW, dan Audi.

Mobi-mobil tersebut rata-rata memancarkan polutan empat kali lipat dari ambang batas yang telah ditetapkan.

Namun, berbeda dengan apa yang dilakukan oleh VW dengan memasang peranti lunak untuk mengakali hasil uji emisi, sejumlah pabrikan itu tak melakukannya. Walhasil, mereka tak melanggar suatu aturan.

Mobil mereka telah menjalani uji emisi dan sudah mendapat standar emisi dari New European Driving Cycle (NEDC). Bahkan, mereka mengakui tak bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan tersebut.

Kendati begitu, di antara pabrikan itu, antara lain Mercedes Benz dan Honda menyatakan mendukung penuh aturan ketat emisi gas buang.


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment